KPU Minahasa Utara Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

METRO, Airmadidi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara menggelar kegiatan sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kelurahan Sarongsong II, Rabu (19/06/2024). Acara ini merupakan bagian dari persiapan menyambut Pilkada serentak yang dijadwalkan pada 27 November 2024.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan pemerintah setempat. Materi sosialisasi mencakup peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 yang mengatur tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kadiv SDM dan Parmas KPU Minahasa Utara, Risky Pogaga, menjelaskan pentingnya sosialisasi ini. “Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, jadwal pelaksanaan Pilkada serentak akan dilakukan pada tanggal 27 November 2024. Sosialisasi ini merupakan bagian dari tahapan persiapan yang harus dilaksanakan agar semua pihak memahami jadwal dan prosedur yang ada,” ujar Pogaga.

Ia juga menambahkan bahwa dalam tahapan Pilkada terdapat dua agenda utama yaitu persiapan dan penyelenggaraan. “Pada tahap persiapan, KPU provinsi dan kabupaten/kota telah melaksanakan sosialisasi tahapan Pilkada. Selanjutnya, kami akan membuka pendaftaran untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” lanjut Pogaga.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Dandim 1310 Minut Bitung, Letkol Czi Hanif Tupen ST, MIP, dan Lurah Sarongsong II, Maya Sumampouw, yang turut memberikan materi serta mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024 di Minahasa Utara.(RAR)

Komentar