oleh

Penyelundupan Ganja ke Rutan Malendeng Digagalkan

METRO, Manado – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara ( Sulut) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ganja ke rumah tahanan (rutan) Kelas IIA Malendeng Manado. Aparat juga mengamankan empat tersangka, yakni tiga warga binaan rutan Malendeng dan satu kurir.

Kepala BNNP Sulut, Kombes Pol Drs Utomo Heru Cahyono, Jumat (24/08/20180) mengatakan, kejadian penangkapan terjadi pada 21 Agustus lalu. Berawal ketika petugas rutan bernama Nirwan Pombaile menerima paket kiriman yang dititip oleh lelaki AJM untuk diserahkan kepada salah satu warga binaan bernama Krab.

Karena merasa curiga, Nirwan kemudian membuka paket itu dan ternyata berisi narkotika golongan I dalam bentuk tanaman ganja.
Nirwan kemudian memanggil Krab untuk menanyakan apakah benar paket tersebut ditujukan untuknya. Krab mengakui paket tersebut adalah miiknya.

Nirwan kemudian menghubungi BNNP Sulut dan Krab langsung diamankan. Dari hasil pengembangan, pihak BNNP Sulut kemudian mengamankan kurir yaitu lelaki AJM juga dua warga binaan Rutan Manado lainnya, MA dan IA.

“Dari pengakuan tersangka Krab, dia memesan narkotika jenis tanaman ganja ini dengan menggunakan media sosial,” ungkap Utomo Heru Cahyono seraya menambahkan, BNNP Sulut berhasil mengamankan barang bukti ganja seberat kurang lebih 64,13 gram, satu buah bungkusan paket kiriman, satu buah Tupperware, dan handphone.

Para tersangka dikenakan pasal 111 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat 1 Huruf a UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Penulis Reymond Fransisco