oleh

Pemkab Boltim Seriusi KLHS Kepariwisataan

Pembahasan KLH Kepariwisataan Boltim

METRO, Boltim- Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tentang Kepariwisataan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai dibahas Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Jumat (7/9/2018).

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Rizky Lamaluta SE bahwa hasil dari KLHS, di dalamnya melahirkan rekomendasi layak atau tidak layak lingkungan untuk dijadikan area destinasi wisata.

“Meskipun potensi kelihatan menjanjikan untuk pengembangan pariwisata, tapi belum tentu hasil KLHS. Bisa saja ditolak,” ujarnya.

Sebab itu, kata Rizky, KLHS adalah acuan dasar dalam rangka penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Boltim. Selanjutnya, akan  ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Saya berharap, KLHS akan tuntas tahun ini. Sehingga awal tahun anggaran 2018 mendatang RIPPDA sudah tuntas sekaligus dengan Perdanya,” ungkap Rizky.

Karenanya, ia meminta dukungan semua elemen masyarakat agar pengembangan Pariwisata kedepan akan lebih cepat dan terukur.

Pantauan METRO, hadir dalam pembahasan KLHS tersebut, instansi terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan, Bappeda, Dinas Pariwisata, Camat, Sangadi, tokoh masyarakat dan lainnya.

Penulis: Erwin Winerungan

Komentar