oleh

Mewoh Beri Nilai A Pelaksanaan Pilkada Mitra

Evaluasi Pilkada Mitra 2018

METRO, Ratahan – Nilai tertinggi yakni A, diberikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Sulawesi Utara (KPUD Sulut), DR Ardiles Mewoh terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Pada dialog dalam rangka evaluasi penyelenggaran Pilkada di Mitra yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Jumat (07/09) hingga Sabtu (08/09) akhir pekan lalu, Mewoh menegaskan, nilai tersebut diberikannya atas dasar amatannya selama pelaksanan tahapan Pilkada di Mitra.

Menurutnya, aturan seperti Undang-undang, PKPU maupun edaran KPU berjalan tegak lurus selama tahapan Pilkada Mitra atau dengan kata lain impelementasi dari semua tahapan, berjalan sebagaimana aturan.

“Salah satunya soal perpanjangan masa pendaftaran, tetap dijalankan KPU Mitra meski peluang ada bakal calon baru sudah tertutup,” ujar Mewoh.

Selain itu, Mewoh menilai, semua tahapan Pilkada di Mitra, berjalan tepat waktu. “Termasuk situasi keamanan sangat kondusif, meski ada sedikit riak-riak yang sempat terjadi. Ini jadi salah satu indikator sehingga Pilkada Mitra saya anggap telah berjalan dengan baik,” tandas Mewoh.

Meski begitu, Mewoh mengaku jika penilaian tersebut masih bersifat subjektif karena masih merupakan pendapatnya secara pribadi.

“Masih ada satu tahapan yang wajib dilaksanakan KPU Mitra yakni menyampaikan laporan pertanggungjawaban baik pelaksanaannya maupun pemanfaatan anggaran. Ini nantinya akan dievaluasi, dan penilaian secara objektif akan terlihat dari hasil evaluasi tersebut,” tukas Mewoh sembari menambahkan, Pilkada di Mitra dapat dikatakan sukses atau tidak, sejatinya berasal dari penilaian rakyat.

Evaluasi pelaksanaan Pilkada Mitra ini sendiri, menghadirkan sejumlah pembicara yakni Kapolres Minsel, AKBP Winardi Prabowo, Kadisdukcapil Mitra, David Lalandos, Komisioner KPU Sulut, Anggota DKPP, Alffira Salame, Akademisi Unsrat, DR Ferry Liando, Bawaslu Mitra, Koordinator JPRR, Sunanto.

“Peserta yang hadir adalah anggota PPK di 12 Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Jurnalis maupun sejumlah pihak lainnya,” ujar Ketua KPU Mitra, Drs Ascke Benu.

Penulis Ryan Sandag

Komentar