oleh

Penderita HIV di Sangihe Capai 60 Orang

-Nusa Utara-70 views

Logo HIV tidak sama dengan AIDS

METRO, Sangihe- Meski letak Kabupaten Kepulauan Sangihe jauh dari hiruk-pikuk kehidupan malam dan keramaian kota, tetapi cukup banyak warganya yang menderita penyakit HIV, yakni sebanyak 60 orang. 

Jumlah penderita HIV tersebut berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan Sangihe.  Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, dr Joppy Thungari M Kes yang dikonfirmasi METRO membenarkan informasi ini.

Ia mengakui peningkatan jumlah kasus penderita HIV terjadi sejak empat tahun terakhir dan sebagian dari penderita telah meninggal dunia serta penderita lainnya masih ditangani secara intensif oleh petugas medis.

“Dari jumlah penderita HIV sebagian sudah meninggal serta yang lainnya dalam penanganan medis, termasuk yang lainnya sempat berobat di Manado,” ujar Thungari.

Sementara dari sisi pelayanan medis bagi penderita HIV kata Tunghari, pihaknya memberlakukan pengobatan gratis, baik di puskesmas maupun di rumah sakit, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara.

”Meskipun tidak diisolasikan sementara dalam penanganan medis, namun pelayanan kasus HIV dilakukan sangat selektif dan intensif sehingga tidak membawa dampak negatif terjadinya penularan bagi orang lain,” tukasnya seraya mengingatkan warga terus berhati-hati terhadap virus HIV yang dapat berjangkit lewat jarum suntik narkoba dan hubungan seksual bebas.

Penulis: Iwan Machmud

Komentar