oleh

Inilah 175 Formasi CPNS Minut

-Minut & Bitung-107 views

Bupati Minut Vonnie Panambunan

 

METRO, Airmadidi – Sesuai SK MenPAN-RB Nomor 427 tahun 2018 tentang kebutuhan pegawai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Minahasa Utara tahun anggaran 2018, telah ditetapkan sebanyak 175 formasi. Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini mulai dibuka mulai Rabu (19/09/2018).
Menurut Bupati Vonnie Anneke Panambunan ini patut disyukuri karena Minut dapat jatah CPNS 175. “Minut dapat 175, sedangkan daerah lain ada yang cuma 50 saja. Tetapi ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan guru,” tutur Bupati.
Lanjut Panambunan selain itu dirinya juga berusaha agar Honda K2 bisa diakomodir dalam perekrutan CPNS ini. “Menurut KemenPAN mereka akan memikirkannya dan memperhitungkan usulan ini untuk tahun depan. Honda K2 ini bukan hanya di Minut tetapi di seluruh Indonesia,” tutur Bupati, Selasa (18/09) lalu.
Sementara itu diungkapkan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minut Stivy Watupongoh sesuai SK MenPAN-RB Nomor 427 tahun 2018 tentang kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Kabupaten Minut tahun anggaran 2018, telah ditetapkan rincian kebutuhan aparatur sipil negara sebagai berikut:
1. Eks Honda K2 sebanyak 3 formasi (tenaga guru).
2. Tenaga guru 85 formasi dengan rincian:
– Guru agama Islam ahli pertama S-1, 14 orang (guru SD)
– Guru kelas ahli pertama S-1 PGSD 35 orang (guru SD).
– Guru IPA ahli pertama S-1 11 orang (guru SMP).
– Guru matematika ahli pertama S-1 matematika 13 orang (guru SMP).
– Guru penjas ahli pertama S-1 penjas 7 org (guru SMP).
3. Tenaga kesehatan 53 formasi dengan rincian:
– Dokter ahli pertama, dokter umum 10 orang.
– Dokter ahli pertama, dokter gigi 11 orang.
– Perawat ahli pertama, S-1 keperawatan-ners 21 orang.
– Perawat pertama lanjutan, D-3 analis laboratorium 11 orang.
4. Tenaga teknis 34 formasi dengan rincian :
– Teknik tata bangunan dab perumahan ahli pertama, S-1 Teknik sipil 25 orang.
– Analis pariwisata ahli pertama, S-1 pariwisata 2 orang.
– Petugas promosi ahli pertama, D-3 pariwisata 3 orang.
– penyuluh pertanian ahli pertama, S-1 pertanian 4 orang.
Menurut Watupongoh,
berdasarkan informasi resmi dari kepala BKN Bima Aria Wibisana selaku ketua panitia seleksi nasional bahwa penerimaan CPNS secara serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan pada Rabu 19 September 2018 secara online lewat portal https://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran lewat portal mandiri instansi.
“Proses seleksi akan menggunkan CAT (computer assisted test) baik untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB). Untuk Minut pelaksanaan seleksi SKD dan SKB akan menggunakan fasilitas CAT milik kantor BKN regional XI Nanado,” jelas Watupongoh.
Menurutnya seleksi CPNS saat ini sangat transparan dan obyektif oleh karena itu dihimbau kepada para pelamar agar tidak percaya pada oknum-oknum yang menawarkan atau menjanjikan kelulusan seleksi CPNS ini.
Diketahui pemerintah pusat melalui Kemeterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan formasi kebutuhan ASN pada semua kementrian dan lembaga serta pemerintah daerah tahun 2018 sebanyak 238.015 formasi.

Penulis: Agust Randang

Komentar