oleh

1 Bulan Masa Ujicoba Mesin Portal Parkir di Pasar Bersehati

-Manado-61 views

Diskusi bersama PD Pasar Kota Manado

 

METRO, Manado- Mesin portal parkir di Pasar Bersehati masih dalam tahap ujicoba dan akan berlangsung sekitar 1 bulan ke depan.

Hal ini diutarakan Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Manado, Ferry Keitnjem saat mengadakan diskusi publik bersama Komunitas Pers Manado di Mel Cafe, kawasan Citra Land, Manado, Jumat (12/10/2018) sore hingga malam.

“Saat ini masih tahap ujicoba. Selama kurang lebih 1 bulan kita akan pelajari bagaimana mengatur parkiran menggunakan portal ini secara tepat,” tukas Dirut.

Dia mengatakan besaran nominal parkir baik kendaraan motor Rp.3000 dan mobil Rp.5000 sebenarnya sudah diterapkan saat parkir belum menggunakan portal. Hanya saja waktu parkir ditagih secara manual, penyetoran dari biaya parkir ini dinilai belum maksimal. Jadi pihaknya memutuskan menggunakan mesin portal parkir sehingga pembayaran parkir lebih teratur.

“Saat ini pendapatan dari parkir di Pasar Bersehati meningkat signifikan dibanding saat parkir secara manual. Nominal parkir sebenarnya masih sama saat penagihan secara manual tapi kenapa kemudian dipolemikkan saat sekarang,” jelas Keintjem.

Dia menuturkan, pemasangan portal ini tak lepas dari masukan dari berbagai pihak khususnya pengunjung di Pasar Bersehati. Sehingga pihaknya kemudian memutuskan memasang portal agar pengelolaan parkir lebih tertib.

“Tujuan kita membuat portal parkir ini diantaranya mencegah terjadinya pungli. Jadi pengunjung yang masuk mendapatkan karcis dan nanti membayar di pintu keluar. Selain itu juga dengan adanya portal, menghindari terjadinya kehilangan kendaraan dan semacamnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Keintjem mengatakan dalam mengelola iuran di Pasar tradisional termasuk jasa parkir, pihaknya berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2013 tentang Pengelolaan Perusahaan Daerah Pasar.

 

Penulis : Reymond Fransisco

Komentar