oleh

ROR Hadiri Konferensi Danau Sedunia Di Jepang

ROR bersama delegasi Indonesia

METRO, Tondano – Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) mendapat undangan untuk menghadiri Konferensi Danau Sedunia, Indonesia – Japan Workshop on Sustainable Lake Management in The 17th World Lake Conference (WLC17). Konferensi yang dilaksanakan di Ibaraki, Jepang berlangsung mulai 15 sampai 19 Oktober 2018.
Kehadiran Bupati didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Alva Montong berdasar undangan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor S.100/PDASHL/PKPD/KLN.O/8/2018 tertanggal 31 Agustus 2018. ROR hadir bersama 13 Gubernur dan 8 Bupati se-Indonesia yang terundang.
Bupati mengatakan konferensi ini merupakan kelanjutan dari Konferensi Nasional Danau Indonesia di Sanur Bali Agustus 2009 lalu. Dengan harapan akan dirumuskan Resolusi Danau sebagai rujukan atau referensi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pengelolaan serta pemanfaatan danau berkelanjutan.
“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pemerintah daerah, instansi terkait dalam memelihara serta menyelamatkan fungsi danau dan menarik sektor swasta untuk memanfaatkan jasa lingkungan secara berkesinambungan,” papar Bupati dalam realeasenya.
Konferensi Danau se-Dunia ini juga dalam rangka menggalang kerjasama internasional untuk peningkatan pengelolaan danau di Indonesia sesuai amanat RPJMN 2015-2019. Hal itu juga terkait masuknya danau Tondano sebagai salah satu prioritas di Indonesia.
Selain sejumlah gubernur dan bupati, konferensi ini melibatkan sejumlah pihak berkompeten lainnya, diantaranya Prof Dr Winarni Monoarfa selaku Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI serta Ir Inge Retnowati selaku Kepala Seksi Perencanaan Kerusakan Perairan Darat Kementerian LHK.

Penulis: Marcelino

Komentar