oleh

Pemkab Sementara Siapkan Bantuan Material

-Minut & Bitung-103 views

Bahan material sementara ditampung untuk membantu korban bencana di Treman

 

METRO, Airmadidi – Sampai Kamis (01/11/2018) kemarin bantuan material bagi korban bencana puting beliung di Desa Treman, Kecamatan Kauditan belum disalurkan. Pasalnya pemerintah sementara mengumpulkan materialnya dan data kebutuhan warga.

Hal itu diungkapkan Camat Kauditan Martho Rasubala saat dikonfirmasi melalui phonselnya. “Sampai saat ini bantuan material belum disalurkan. Masih sementara dikumpulkan dan sedang mengecek kategori kerusakan berat, sedang atau ringan,” tutur Martho.

Lanjutnya yang sudah disalurkan yaitu baru bantuan bahan makanan. Untuk itu dirinya meminta warga korban bencana bersabar.
Diberitakan sebelumnya menurut Bupati Vonnie Anneke Panambunan dirinya sudah memerintahkan dinas terkait dan camat untuk mendata rumah-rumah yang rusak.

“Data harus akurat. Rumah yang rusak harus difoto semua, supaya penanganan nanti tidak bermasalah,” pungkas Bupati Panambunan, Selasa (30/10) lalu.

Sementara itu secara terpisah Kepala BPBD Minut Forman Dandel kepada Metro, mengungkapkan sesuai data dari pemerintah desa jumlah bnaguna yang terimbas bencana sebanyak 54 terdiri dari 53 rumah warga dan satu gedung PKK.

Lanjutnya sesuai kategori, 13 rumah rusak berat, 21 rusak sedang dan 20 rusak ringan. “Nantinya kami akan turun langsung untuk melihat kategori kerusakan apakah ringan, sedang atau berat,” jelas Dandel.

Dijelaskannya untuk bantuan nantinya melalui bantuan sosial (Bansos) di Badan Keuangan berupa material. “Jadi disesuaikan kerusakan rumah dan bantuanya berupa material bukan dalam bentuk uang,” jelasnya.

 

Penulis: Agust Randang

Komentar