oleh

Bantuan Korban Puting Beliung Mulai Disalurkan

-Minut & Bitung-67 views

Camat Kauditan menyerahkan bantuan untuk korban puting beliung

 

METRO, Airmadidi – Pemkab Minahasa Utara melalui instansi terkait Rabu (31/10/2018) kemarin mulai menyalurkan bantuan barupa makanan bagi 53 kelurga yang rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Treman, Kecamatan Kauditan, khususnya jaga VIII, IX dan X.

Penyaluran bantuan dilakukan di Balai Desa Treman kepada para warga yang diserahkan melalui Camat Kauditan Martho Rasubala. “Ini pemberian bantuan tahap pertama berupa beras, mie instan, dan ikan kaleng,” tuturnya.
Untuk pemberian bantuan tahap kedua berupa bahan material bangunan, imbuh Rasubala, akan diberikan hari Jumat (02/11/2019) besok.

“Pemberian bantuan tahap kedua juga akan diberikan di balai desa dan dirangkaikan dengan doa bersama,” tandas camat.

Diberitakan sebelumnya menurut Bupati Vonnie Anneke Panambunan dirinya sudah memerintahkan dinas terkait dan camat untuk mendata rumah-rumah yang rusak.
“Data harus akurat. Rumah yang rusak harus difoto semua, supaya penanganan nanti tidak bermasalah,” pungkas Bupati Panambunan, Selasa (30/10/2018) lalu.

Sementara itu secara terpisah Kepala BPBD Minut Forman Dandel kepada Metro, mengungkapkan sesuai data dari pemerintah desa jumlah bnaguna yang terimbas bencana sebanyak 54 terdiri dari 53 rumah warga dan satu gedung PKK.
Lanjutnya sesuai kategori, 13 rumah rusak berat, 21 rusak sedang dan 20 rusak ringan.

“Nantinya kami akan turun langsung untuk melihat kategori kerusakan apakah ringan, sedang atau berat,” jelas Dandel.
Dijelaskannya untuk bantuan nantinya melalui bantuan sosial (Bansos) di Badan Keuangan berupa material. “Jadi disesuaikan kerusakan rumah dan bantuanya berupa material bukan dalam bentuk uang,” jelasnya.

 

Penulis: Agust Randang

Komentar