oleh

Kurangi Penggunaan Plastik Demi Lingkungan

Royke O Roring

METRO, Tondano – Warga Kabupaten Minahasa diajak untuk mengurangi menggunakan bahan yang dasar plastik. Hal itu demi keselamatan di masing – masing lingkungan sekitar.
Pernyataan itu disampaikan Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) ketika membuka Seminar dan Lokakarya Gereja Berwawasan Ekologis, Sinode AM Gereja-Gereja di Sulawesi Bagian Utara dan Tengah di Tondano, belum lama ini.
Menurutnya, tuntutan kebutuhan manusia semakin meningkat dan proses produksi barang jasa yang semakin berkembang pesat. Seiring perkembangan teknologi yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat , jika tidak dibarengi dengan perilaku bijaksana dalam beraktivitas akan menjadi ancaman berbahaya bagi lingkungan.
“Sampah plastik adalah salah satu sampah atau limbah berbahaya yang mengancam lingkungan dan manusia. Namun kita pun menyadari bahwa aktivitas manusia tidak bisa lepas dari penggunaan plastik,” kata Bupati.
Sehingga dengan menjaga keberlangsungan lingkungan sebagai anugerah ciptaan Tuhan adalah juga bagian dari bentuk pelayanan.
“Marilah menjadi pelopor dalam membangun kesadaran bersama Gereja dan masyarakat akan pentingnya upaya serta komitmen terhadap lingkungan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan sebagai tanggung jawab imam orang percaya atas amanat Agung Tuhan Allah pencipta untuk memelihara bumi,” ajak Bupati.
Diajaknya juga seluruh elemen masyarakat mengurangi produksi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya penggunaan botol minuman sebagai upaya mengurangi sampah plastik minuman kemasan, membawa kantong belanja sendiri, dan tentunya tidak membuang sampah sembarangan. Nantinya juga Pemkab akan mengelolah sampah plastik untuk dijadikan produk baru dan lebih ramah lingkungan.(cel)

Komentar