Dishub Awasi Kendaraan Bermuatan Besar Masuk Manado

M Sofyan

METRO, Manado- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado mulai 5 Desember 2018 melakukan patroli di ruas jalan Winangun untuk mengawasi kendaraan yang berukuran dan bermuatan besar yang akan menuju ke kawasan Kota Manado.

Hal ini sekaligus penegasan kembali tentang Peraturan Walikota Manado nomor 53 tahun 2013 yang mengatur tentang tonase kendaraan.

“Ini untuk penegasan kembali aturan yang sudah ada. Sekaligus juga mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas menjelang Natal dan tahun baru,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, M Sofyan.

Baca Juga :  Tak Ada Payung Hukum, Penarikan Retribusi Sampah di Manado Diragukan

Sofyan menuturkan dalam aturan tersebut salah satunya diatur tentang jam masuk ke area kota oleh kendaraan-kendaraan berukuran besar. Dimana jam masuk tersebut yakni dari jam 20.00 (jam 10 malam) sampai jam 06.00 (pagi).

“Di luar dari jam tersebut maka tidak boleh masuk kota,” tukasnya.
Dia mengatakan memang ada beberapa titik yang menjadi titik masuk kendaraan bermuatan besar. Namun untuk saat ini konsentrasi pengawasan dilakukan di Winangun. Selain karena keterbatasan petugas, jalan masuk ke kota melalui WInangun dinilai yang paling banyak dilewati kendaraan berukuran dan bermuatan besar.

Baca Juga :  Adu Skill Barber Kota Manado

“Kita memang ingin agar bisa serentak tapi untuk saat ini fokus di Winangun. Kendaraan (bermuatan besar) yang ingin masuk di jam yang tidak sesuai maka tidak boleh masuk. Untuk penindakan atau penegakan aturan bagi kendaraan yang melanggar aturan ini, dilakukan oleh pihak kepolisian. Karena dishub tidak punya wewenang untuk penindakan atau tilang,” tandas Kadis.(Rey)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru