oleh

Pemuda Lorong Horison-Sion Sepakat Berdamai

-Info-100 views

Pemuda Lorong Horison dan Lorong Sion bersama Wawali Bitung Maurits Mantiri dan Aldo Ratungalo selaku pemrakarsa perdamaian.(ist)

METRO, Bitung- Dua kubu pemuda dari Lorong Horison dan Lorong Sion di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir sepakat berdamai. Dua kubu tersebut selama ini kerap bertikai hingga menyebabkan korban jiwa.
Kesepakatan damai dua kelompok pemuda ini terwujud Jumat (25/01/2019). Bertempat di salah satu cafe di bilangan Madidir mereka berikrar menghentikan bentrok.


Tak tanggung-tanggung, kesepakatan damai ini disampaikan dihadapan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri, Kapolres Bitung AKBP Stevanus Tamuntuan, serta tokoh masyarakat Kelurahan Madidir Unet yang juga pemrakarsa perdamaian tersebut, Aldo Nova Ratungalo.


Kontan saja hal ini mendapat apresiasi dari Mantiri. Ia menganggap para pemuda tersebut patut dicontoh oleh kelompok lain.


“Ini hal yang positif dan patut dicontoh. Betapa indah kalau kita hidup aman dan damai serta saling mendukung,” katanya.


Apresiasi serupa disampaikan oleh Kapolres. Ia pun berharap kesepakatan damai ini berlangsung permanen.


“Saya sangat menghargai itikad baik dari kedua kubu. Ini menandakan ada kedewasaan dalam bersikap dan melihat keadaan. Kedepan kami akan terus mengawal perdamaian ini agar bisa terjaga,”  tuturnya.
Sementara itu, Aldo selaku pemrakarsa menyampaikan komitmen dari kedua kubu.


“Kesepakatan damai sudah ada sejak tanggal 1 Januari lalu. Tapi baru sekarang kita deklarasi sekaligus membahas rencana kedepan. Nantinya setelah ini akan diadakan berbagai kegiatan untuk merawat perdamaian. Salah satunya pada tanggal 10 Februari nanti, kami akan melaksanakan syukuran yang ditandai dengan ibadah bersama. Pak Wawali dan Pak Kapolres juga akan diundang,” paparnya.


Lorong Horison atau biasa juga disebut Lorong Virgo, selama ini memang dikenal angker oleh sejumlah kalangan. Kelompok pemuda di lorong tersebut tak segan-segan berlaku anarkis kepada siapa saja yang melintas di situ. Hal yang sama juga berlaku di Lorong Siong atau biasa juga disebut Lorong Gas. Saking rawannya dua lorong yang cuma bersebelahan itu, mereka justru kerap terlibat saling serang.(bds)

Komentar