oleh

Dalam Seminggu Kasus DBD di Minut Ketambahan 51 Kasus

dr Rina Widayati

METRO, Airmadidi – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terus meningkat. Buktinya hanya selang sepekan terjadi peningkatan cukup signifikan dari 90 kasus pada pekan lalu kini menjadi 141.

Hal ini diungkapkan Plt Kadis Kesehatan Minut dr Rina Widayati MKes Senin (28/01/2019). “Data per Senin (28/01/201() sesuai data sudah 141 kasus DBD. Setiap hari ada data masuk,” papar Rina.
Dengan demikian, terjadi peningkatan 51 kasus dibanding pekan lalu yang baru mencapai 90 kasus. Lanjut Kadis, sebagian besar pasien adalah anak usia sekolah. “Sebagian besar pasien berusia 7-11 tahun,” ungkap Rina seraya menambahkan sejauh ini belum ada korban jiwa.


Lebih lanjut menurutnya khusus untuk pasian usia sekolah, ditemukan fakta bahwa kebanyakan mereka bersekolah di Manado. “Kami akan menurunkan tim di Kecamatan Kalawat, sebab ada pasien anak yang bersekolah di Manado. Bisa saja didapat saat jam sekolah atau saat di rumah, itu sementara kami telusuri,” ungkapnya.


Menurut Kadis, ada tiga kecamatan yang menonjol dalam temuan kasus DBD. “Pasien terbanyak dari Kecamatan Kalawat, Airmadidi dan Talawaan,” akunya.


Untuk itu menurut Rina, Dinkes Minut saat ini terus menggiatkan sosialasi dan penyuluhan mengenai Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) kepada masyarakat terkait wabah DBD ini. “Kita terus mengimbau baik secara lisan langsung turun ke rumah-rumah warga, melalui selebaran termasuk juga melalui media sosial. PSN harus dilakukan secara kontinyu. Karena fogging hanya efektif memberantas nyamuk dewasa saja ,” pungkasnya.(RAR)

Komentar