oleh

E-Kinerja Diterapkan di Mitra, Tanda Awas Bagi ASN Malas

-Minsel & Mitra-103 views

Launching e-kinerja di Mitra.(ist)

METRO, Ratahan – Kinerja aparatur sipil negara atau ASN yang terukur serta profesional, nampaknya jadi salah satu sasaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra) dalam menerapkan sistem e-kinerja yang secara resmi mulai diberlakukan Senin (01/04/2019).

Dilihat dari cara kerjanya, sistim ini menjadi tanda awas bagi ASN malas dan tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik dan profesional. Pasalnya, ada poin penilaian kinerja yang harus dicapai semua ASN yakni 100 poin perhari dan 6000 poin per bulan. “Capain poin kinerja setiap hari, nantinya diakumulasi per bulan dan itu akan mempengaruhi pemberian tunjangan,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mitra, Sartje Taogan usai launching penerapan e-kinerja di Lapangan Kantor Bupati Mitra di Ratahan.

Dijelaskan Taogan, aplikasi berbasis android ini, semua ASN berkewajiban untuk melaporkan kehadirannya maupun apa saja yang dikerjakan. “Semua laporan tersebut dicatat dalam aplikasi yang dipegang masing-masing ASN. Hasil laporan tersebut akan langsung terintegerasi dalam server yang ada di BKPSDM dan dipantau langsung oleh atasan langsung dari ASN,” jelas Taogan.
Diterapkannya e-kinerja ini, ASN Mitra pun dituntut untuk memaksimalkan kehadiran maupun kinerjanya. “Intinya, sebagai aparatur negara, ASN wajib bekerja maksimal serta bekerja secara profesional, sehingga sasaran untuk maksimalnya pelayanan publik dapat tercapai,” tandas Taogan.

E-kinerja ini sendiri dilaunching oleh Bupati, James Sumendap SH yang diwakili oleh Sekda, Drs Robby Ngongoloy bersamaan dengan apel awal bulan April. “Diberlakukannya e-kinerja ini, menjadi pembuktian Pemkab Mitra pada upaya peningkatan profesionalisme ASN dalam melakukan pelayanan publik. Ini juga merupakan implementasi dari visi misi pak Bupati dan Wakil Bupati yakni sukses pemerintahan dengan menciptakan birokrasi yang handal melalui peningkatan sumber daya aparatur dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara,” tukas Ngongoloy.

Terpisah, juru bicara Pemkab Mitra, Franky Wowor menambahkan, Mitra menjadi daerah pertama di Sulut yang menerapkan e-kinerja di semua perangkat daerah. “Jadi ASN di semua perangkat daerah baik dinas, badan, sekretariat daerah, sekretariat DPRD, inspektorat hingga pemerintah kecamatan, wajib menjalankan e-kinerja ini,” ungkap Wowor.(ian)

Komentar