oleh

Portal di Jalan Penghubung Menyalahi Aturan

-Manado-59 views

Warga dan Tim Pemkot adu argumen soal keberadaa Portal

 

METRO, Manado- Dalam penertiban bangunan di jalur hijau Boulevard oleh Pemkot Manado, Selasa (30/4/2019), petugas juga menemukan ada beberapa lorong atau jalan penghubung antara jalan Piere Tendean dan jalan Sam Ratulangi ditutup dengan Portal.
Di salah satu lorong di kelurahan Titiwungen Utara yang dikenal dengan sebutan lorong Kapal Sandar, warga sempat beradu argumen dengan petugas Satpol PP. Mereka menolak portal tersebut dibongkar. Ada beberapa alasan yang dituturkan warga terkait pemasangan portal ini. Menurut mereka, portal dipasang untuk keamanan dan keselamatan masyarakat yang tinggal di lorong tersebut.
“Apalagi portal ini bukan permanen. Bisa dibuka tutup, jadi kendaraan masih bisa lewat,” jelas salah satu warga.
Di lain pihak, Kepala Bagian Hukum setda Kota Manado, Yanti Putri SH MH yang dimintai konfirmasi terkait hal ini menegaskan bahwa penutupan portal di lorong atau jalan penghubung melanggar aturan.
“Itu sebenarnya melanggar Perda (Peraturan daerah). Dalam Perda Trantib yang sementara dibahas saat ini, juga diatur bahwa semua jalan umum termasuk jalan penghubung dan gang itu dilarang untuk ditutup,” ungkap Yanti.
Dia mengakui memang masih banyak masyarakat yang belum paham tentang aturan ini. Untuk itu peran dari pemerintah di wilayah penting untuk mensosialisasikan tentang aturan ini.
“Portal itu wajib dibuka, mudah-mudahan warga bisa taati ini dari segi aturan dan estetika kota,” tandasnya.(rey)

Komentar