Sosialisasi Keimigrasian Untuk Pariwisata Super Prioritas Sulut Hebat

METRO, Manado- Sebagai wujud dukungan pada program pemerintah dalam membangun daerah Sulawesi Utara dimana bidang pariwisata menjadi sektor unggulan, maka Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado melaksanakan sosialisasi bertajuk bersama pasti bisa mencapai pariwisata super prioritas Sulut hebat, di Hotel Sintesa Peninsula Manado, kemarin (Selasa, red).

Dalam pemaparannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Friece Sumolang menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi keimigrasian ini merupakan wujud dukungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado pada program pemerintah daerah dalam membangun daerah Sulawesi Utara dimana bidang pariwisata menjadi sektor unggulan. “Dimana tugas dan fungsi imigasi dalam memberikan pelayanan dan pengawasan kepada warga negara asing mulai dari saat masuk di tempat pemeriksaan imigrasi, berada di Indonesia, hingga keluar dari wilayah Indonesia,” ujar Friece.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, Effendi Peranginangin mengungkapkan bahwa kedatangan para wisatawan di daerah ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena memberikan peluang keuntungan kepada pelaku usaha yang ada di daerah seperti penginapan, restoran, dan usaha lainnya. Selain itu dapat meningkatkan investasi ke Sulut yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah dan terutama meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu diperlukan sinergitas atau kerjasama semua pihak sesuai peran masing-masing dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku dan selalu waspada serta awas untuk meminamilisir terhadap dampak negatif yang muncul,” ungkap Kakanwil.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel menjelaskan, pemerintah daerah saat ini sedang menggali dan mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada di Sulut termasuk juga membangun infrastruktur penunjang antara lain pembangunan KEK Wisata Likupang, rencana jalan tol Manado-Bitung-Amurang, penerbangan langsung dari dan ke beberapa kota besar di China dan terobosan-terobosan lainnya termasuk pengembangan kepada sumber daya manusia seperti melakukan kerjasama program magang ke Jepang. “Untuk diperlukan kerjasama semua pihak para stakeholder pariwisata dalam mendukung Sulut mencapai daerah pariwisata super prioritas,” katanya.(71)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru