oleh

Ratusan Hektar Lahan di Mitra Diamuk Si Jago Merah

Sulit dijangkau kendaraan Damkar, pemadaman api dilakukan secara manual.

 

 

 

 

METRO, Ratahan – Amukan si Jago merah di kawasan perkebunan maupun hutan lindung di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), masih saja terjadi. Hingga Selasa (01/10/2019), tercatat sudah ratusan hektar lahan yang dilalap api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mitra, Welly Mononimbar SH mengatakan, pendataan luas lahan yang terbakar, masih sementara dilakukan pihaknya. “Perkiraan sementara, luas lahan yang terbakar sudah lebih dari 200 hektar. Paling banyak di kawasan perkebunan Silian Raya hingga kawasan hutan lindung Soputan,” ujar Mononimbar.
Dikatakan Mononimbar, kondisi kekeringan dengan hamparan ilalang, jadi salah satu penyebab cepatnya api meluas. Selain itu, beberapa lokasi yang sulit dijangkau kendaraan pemadam kebakaran ikut menyulitkan upaya pemadaman. “Sejauh ini, pemadaman lebih banyak dilakukan secara manual oleh petugas BPBD maupun pihak lain termasuk perangkat desa yang ditugaskan serta masyarakat,” jelas Mononimbar.
Lanjut dikatakan Mononimbar, dari data yang didapat pihaknya, pemicu kebakaran diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atau sengaja dibakar. “Kami masih sementara lakukan penyelidikan soal siapa yang sengaja lakukan pembakaran. Perlu dicatat, oknum yang sengaja membakar lahan bisa dijerat hukum, sehingga masyarakat diminta untuk tidak sembarang membakar lahan,” tandasnya sembari menambahkan hingga saat ini, pihaknya sementara melakukan upaya pemadaman api di kawasan perkebunan Silian Raya.(ian)