Pulutan Resmi Jadi Desa Sadar Jamsos Ketenagakerjaan Tingkat Nasional

METRO, Manado- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) meresmikan Desa Pulutan, Kecamatan Remboken, Minahasa sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial (Jamsos) Ketenagakerjaan Tingkat Nasional. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Kepesertaan BPJS-TK, E Ilyas Lubis bersama Bupati Minahasa, Royke Roring, Selasa (8/10/2019).

Turut hadir Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku BPJS-TK, Toto Suharto, Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus, Achmad Hafiz, Kepala BPJS-TK Manado, Hendrayanto dan Kadisnakertrans Sulut, Erni Tumundo.

“Desa Pulutan merupakan desa ke 9 yang diresmikan sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada tahun ini dan kami merencanakan sebanyak 198 desa akan diresmikan sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujar Ilyas.

Dari informasi yang diperoleh METRO, diketahui bahwa Desa Pulutan memiliki 3 jaga/dusun dengan jumlah penduduk total sebanyak 996 jiwa. Jumlah masyarakat pekerja 450 pekerja yang didominasi sektor pengrajin gerabah, pertanian dan perdagangan. Wilayah Kabupaten Minahasa sendiri tercatat sebanyak 313 pemberi kerja atau badan usaha dan 9.555 tenaga kerja terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Dan untuk Desa Pulutan sendiri telah terdaftar 182 warganya terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan baik dari perangkat desa, agen PERISAI, BUMDES, pengrajin gerabah, petani, pedagang dan lainnya.

Dari sisi pelayanan jaminan, Kantor Cabang Perintis Minahasa sampai dengan September 2019 terdapat 1.061 klaim dengan total pembayaran sejumlah Rp 11,7 milyar

“Jika seluruh aparat desa sudah memahami pentingnya akan jaminan sosial ketenagakerjaan, diharapkan seluruh masyarakat pekerja di desa ini juga bisa teredukasi dengan baik,” kata Ilyas.

Dia berharap, dengan adanya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat pekerja dengan meningkatnya kesadaran untuk memiliki jaminan sosial. Dukungan dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten hingga aparat desa, kata Ilyas sangat diperlukan sebagai bentuk bahwa negara hadir dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat.

“Semoga dengan penobatan Desa Pulutan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kesejahteraan masyarakat di desa ini akan terus meningkat, sebab hal ini selaras dengan semangat Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah atau desa,” tutup Ilyas.(71)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru