Dikelola Bumdes, Mangkit Jadikan Pulau Salimburung Wisata Andalan

BAGI Ke :

Wisatawan asing saat mengunjungi Pulau Salimburung.(ist)

 

 

 

METRO, Ratahan – Menggunakan perahu dan menempuh perjalanan sekira lima menit dari Pantai Mangkit, Kecamatan Belang, sejumlah wisatawan mancanegara pun terlihat sumringah saat menjejakkan kakinya di pasir putih Pulau Salimburung.

Tak sekedar hamparan pasir putih, Pulau yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari desa Mangkit ini, panorama yang indah serta terumbuh karang yang eksotik, jadi alasan para Bule asal Amerika, Belanda, Perancis dan Inggris untuk menyambanginya. “Sebenarnya kami masih dalam tahap perencanaan untuk mengembangkan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata. Tapi karena ada wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung, maka tentu kami melayaninya, anggap saja sebagai upaya promosi,” ungkap Hukum Tua Mangkit, Simon Aling.

Dikatakan Aling, dalam perencanaan ke depan, kawasan wisata ini nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes serta menggandeng pihak ketiga untuk pengembangan. “Sebelumnya juga kami sudah lakukan kajian serta penelitian apakah layak dikembangkan sebagai kawasan wisata atau tidak. Hasilnya positif, makanya kita mulai menyusun perencanaan pengembangan,” tandas Simon.

Sejumlah kendala diakui Simon, masih jadi penghadang. Salah satunya kesiapan Sumber Daya Manusia termasuk jaminan keamanan dan kenyamanan. “Sejauh ini, masyarakat sangat welcome dengan rencana ini. Tapi memang perlu sosialisasi agar warga bisa punya kesiapan untuk menyambut wisatawan dengan sikap santun,” tukasnya.
Lanjut hukum tua yang dikenal punya segudang inovasi ini menambahkan, pelatihan keterampilan dalam berbagai bidang yang terkait dengan kepariwisataan juga masuk dalam perencanaan pengembangan kawasan tersebut. Dirinya berharap, berkembangnya kawasan wisata ini, akan mendorong terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat optimis Pulau Salimburung akan jadi destinasi wisata yang diminati wisatawan,” tandas Simon sembari mengaku pihaknya juga sudah mulai mensosialisasikan keberadaan pulau ini agar lebih dikenal publik.(ian)