oleh

KPU Manado Mulai Vermin Dokumen Kambey-Kirojan

banner 1050236

Suasana vermin kpu manado

METRO, Manado- Dokumen syarat dukungan, Pasangan Calon (Paslon) Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Manado Dr. Arthur Kambey dan Dr. Daud Kirojan, Kamis (27/02/2020) mulai di Verifikasi Administrasi (Vermin) oleh KPU kota Manado.

Kepada METRO, Jusuf Wowor Ketua KPU Manado melalui, Abdul Gafur Subaer Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menerangkan, jika cara mereka dalam melakukan verifikasi adalah memeriksa tiap dokumen satu persatu.

“Hari ini kita sudah mulai memeriksa dokumen syarat perseorangan dari Paslon Perseorangan yang masuk, dan pemeriksaannya secara detail mulai dari KTP, nama, NIK dan lain-lain, apakah terdaftar di DPT atau DP4 kota Manado,” ujar Gafur.

Abdul Gafur Subaer

Secara teknis, Gafur menjelaskan kalau cara mereka dalam melakukan verifikasi berkas, selain mencocokkan data dengan Silon juga menggunakan cara manual.

“Jadi untuk cara kita memeriksa dokumen dari paslon perseorangan tersebut menggunakan cara manual, kami membuat tim terdiri dari ; 4-5 orang untuk setiap kelurahan untuk mempercepat prosesnya,” katanya.

Tim pemeriksa manual yang dibagi itu, harus memeriksa berkas Pasangan Kambey-Kirojan yang terbagi di 87 kelurahan di Kota Manado.

“Kami harus benar-benar teliti dalam pemeriksaan berkas ini, karena untuk persyaratan calon perseorangan, Manado masuk paling besar di Sulut,” ungkapnya.

Usai vermin dan proses perbaikan, KPU Manado selang waktu verifikasi dari tanggal 27 Februari – 25 Maret 2020 akan melakukan verifikasi faktual untuk membuktikan dokumen tersebut benar-benar real dilapangan.(76)