oleh

Calon PPS di KPU Manado Mulai Tes Wawancara

Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor saat mengawasi jalannya tes wawancara oleh PPK

METRO, Manado- KPU kota Manado, Rabu (11/03/2020), mulai melakukan tes wawancara bagi ratusan calon Panitia Pemilihan Suara (PPS) di Lion Hotel Manado. Tugas wawancara tersebut didelegasikan bagi Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) yang sudah dilantik dan bertugas.

“Sesuai regulasi KPU Kabupaten/Kota mendelegasikan tugas wawancara tersebut kepada PPK, hal itu dilakukan karena mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya yang ada, hal itu sudah kami (pimpinan KPU, red) bicarakan dan rapatkan bersama. Namun kami (KPU Manado, red) melakukan monitoring dan supervisi secara ketat dan turun langsung mengawasi,” ujar Ketua KPU Manado Jusuf Wowor, melalui Ismail Harun Divisi Palmas dan SDM, saat kegiatan berlangsung.

Info yang diperoleh METRO, wawancara tersebut akan berlangsung selama dua hari dimulai dari hari rabu-kamis (11-12/03/2020). Usai dari tes tersebut, nama-nama yang lolos akan diumumkan KPU Manado pada tanggal 15 Maret mendatang. Rencananya, KPU akan mencari sebanyak 261 nama masing-masing 3 dari 87 kelurahan di kota Manado yang memiliki 11 kecamatan.

Secara teknis, PPK saat mewawancarai calon PPS dibagi atas beberapa tugas, dimulai dari tes ketangkasan menggunakan aplikasi mikrosof exel yang dipegang oleh divisi data, serta divisi teknis tentang pengetahuan tugas dan kewajiban PPS, untuk ketua PPK mewawancarai rekam jejak.

“Kami coba membagi tugas dari PPK, karena selain tugas mereka untuk pemuktahiran data, mereka juga nanti akan bertugas merekapitulasi perhitungan suara,” jelas Harun.

Saat melakukan monitoring dan supervisi, ketua dan pimpinan KPU kota Manado membagi tugas koordinasi mereka perwilayah kecamatan, untuk kecamatan Sario dan Wanea dipegang langsung oleh Ketua KPU Jusuf Wowor. Lalu, kecamatan Bunaken, Bunaken Kepulauan dan Mapanget oleh Abdul Gafur Subaer. Kemudian, Malalayang dan Tikala oleh Moch Syahrul Setiawan. Sedangkan kecamatan Wenang dan Singkil oleh Sunday Rompas. Lalu kecamatan Tuminting dan Paal 2 diawasi oleh Ismail Harun.(76)

Terkait