Gaghana Bebaskan Biaya Pengobatan Penderita Penyakit Kronis

BAGI Ke :

METRO, Sangihe- Meski ditengah kesibukan sebagai seorang Bupati, namun bukan berarti kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan uluran tangan Pemerintah saat dibutuhkan di kesampingkan. Hal ini ditunjukan seorang Jabes Ezar Gaghana saat mendengar ada warga yang butuh uluran tangan ditengah keterbatasan biaya berobat ke Rumah Sakit langsung di responnya.

Seperti terlihat saat Gaghana menemui seorang bocah yang mengidap penyakit kronis dan tidak punya biaya sama sekali untuk membeli obat dan biaya rumah sakit.

“Jadi Kami tergerak untuk melihat kondisi pasien karena memang kalau dilihat dari kondisi anak ini harus ada pemeriksaan lebih lanjut dan kami serahkan ke pihak RSD Liun Kendaghe Tahuna. Sementara untuk masalah pembiayaan ditanggung Pemkab. Karena juga salah satu indikator kinerja kami pada masyarakat kurang mampu,” ungkap Gaghana.

Baca Juga :  RSD Liun Kendage Terus Berbenah Ditengah Pandemi Covid-19

Selain membebaskan semua biaya berobat, dalam kunjungannya juga, Gaghana memberikan sejumlah bantuan bagi pasien dan keluarganya.

Sementara itu Dirut RSD Liun Kendaghe Tahuna, dr Handry Pasandaran ME dikonfirmasi terkait kondisi pasien menyatakan, proses penurunan berat badan pasien ini bukan karena ketidak mampuan keluarga untuk memberi makan, tetapi karena penyakit penyertanya yang mengakibatkan berat badannya turun drastis dalam dua bulan. Artinya penurunan berat badan akibat penyakit kronis dan berbahaya yang diderita pasien.

Baca Juga :  Turlap, Sondakh : BLT Tidak Boleh Dialihkan ke Bahan Sembako

“Jadi kita masih akan terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter ahli masih dalam proses pengambilan sampel dan pemeriksaan menunggu konformasi hasil lab,” kata Pasandaran.

Terpisah Lurah Tidore Dewi Purwari Machmud sangat bersyukur atas perhatian yang diberikan Pemkab Sangihe.

“Sebelumnya kami sudah menyarankan keluarga untuk membawa anak ini ke rumah sakit, namun waktu itu anak tersebut menolak sehingga orang tuanya tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal saat itu Kepala Lingkungan sudah berkonsultasi dengan pihak rumah sakit terkait kondisi anak ini. Tapi kami sangat bersyukur pasien saat ini sudah di tangani oleh Tim medis dan kami masyarakat Tidore sangat berterima kasih atas perhatian Bupati yang begitu peduli terhadap masyarakat kurang mampu,” tandasnya. (Iw’N)