oleh

Lolos, Empat Paslon Melenggang Cabut Nomor Urut Hari Ini

banner 1050236

METRO, Manado- KPU Kota Manado, Rabu (23/09/2020) kemarin menggelar rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Manado pada pemilihan 9 Desember 2020, di Aula KPU Manado.

Sebelumnya, Empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) terdiri dari Andre Angouw dan Richard Sualang, Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw, Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Harley Alfredo Benfica Mangindaan, kemudian Sonya Silvana Kembuan dan Syarifudin Saafa, telah melakukan pendaftaran sebagai Bapaslon pada tanggal 4-6 September 2020. Lalu, KPU Kota Manado mulai melakukan Verifikasi, baik administrasi dan faktual.

“KPU Manado menggelar Rapat Pleno terbuka secara online penetapan Pasangan Calon WaliKota dan Wakil Walikota sesuai dengan regulasi yang ada,” ungkap Jusuf Wowor Ketua KPU Kota Manado saat Rapat Pleno.

Diketahui, sebelum menetapkan Paslon yang lolos, KPU telah mendeadlinekan Verifikasi secara Faktual pada tanggal 21 September 2020 dan pada Selasa, 22 September 2020 tepatnya sebelum penbacaan penetapan, KPU Manado telah memplenokan hasilnya.

“Sebelum dilakukan penetapan, KPU Manado telah melakukan pemeriksaan berkas-berkas syarat pencalonan dan syarat calon yang dimasukan pada saat pendaftaran. Berkas-berkas yang menjadi syarat pencalonan dan syarat calon kemudian diverifikasi secara faktual sampai tanggal 21 September,” terangnya.

Meski sudah dilakukan penetapan, Wowor menegaskan masih ada calon yang belum memasukan surat pemberhentian sebagai anggota DPRD, tapi hal tersebut masih ada waktu untuk memasukan selambat-lambatnya 30 hari sebelum pemungutan suara dan 5 Hari setelah penetapan untuk memasukkan berkas penerimaan pengunduran diri dari instansi terkait bertanda tangan pejabat setempat.

Pembacaan hasil Pleno Penetapan Paslon, pertama kali dibaca oleh, Abdul Gafur Subaer Koordinator Divisi Data KPU Manado, dia membacakan hasil untuk Paslon Andre Angouw dan Richard Sualang telah memenuhi syarat.

Dilanjutkan oleh; Koordinator Divisi Palmas dan SDM, Ismail Harun. Dia membacakan hasil pemeriksaan berkas syarat pencalonan dan syarat calon bakal pasangan calon Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw semuanya memenuhi syarat.

Dilanjutkan oleh Komisioner Teknis Penyelenggaraan, Syarul Setiawan, dia menyebutkan, Paslon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Harley Alfredo Benfica Mangindaan telah memenuhi syarat.

Hasil pleno untuk Paslon terakhi dibacakan oleh, Koordinator Divisi Hukum KPU Manado, Sunday Rompas, hasil penelitian terhadap berkas yang dimasukan Bapaslon Sonya Selviana Kembuan dan Syarifudin Saafa, juga dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai calon.

Pantauan media ini, Usai rapat pleno berita acara penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2020 diserahkan kepada masing-masing LO.

Info yang berhasil dirangkum METRO, Kamis (24/09/2020) hari ini, Keempat Paslon diundang KPU Kota Manado untuk datang dalam pencabutan nomor urut Paslon pada pukul 14.00 Wita. Guna mencegah berkumpulnya massa KPU membatasi jumlah orang yang masuk. Terdiri dari, Paslon 2 orang, LO 1 orang, Tim Pemenangan 1 orang, Partai Pengusung masing-masing partai 1 orang.(76)