oleh

Bahaya Pasang Baliho Dekat Jaringan, PLN Imbau Masyarakat Berhati-Hati

banner 1050236

METRO, Manado- Baliho, reklame, spanduk dan sejenisnya yang terpasang dekat dengan jaringan kabel listrik, sangat berpotensi membahayakan warga. Selain itu juga bisa menyebabkan terputusnya aliran listrik.

Terhentinya pasokan aliran listrik di beberapa daerah di Kota Manado yang terjadi pada Selasa (22/09) dini hari, diketahui akibat pemasangan baliho yang menyentuh jaringan listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado, Andre lengkong menghimbau dalam pemasangan baliho atau spanduk agar tidak terlalu dekat dengan jaringan listrik, karena bisa berakibat sangat fatal terutama untuk keselamatan pemasang baliho.

”Tentunya perlu ada pemahaman kepada kita semua bahwa ada batasan jarak antara jaringan listrik dengan baliho, pohon dan benda-benda lainnya, terlebih lagi di tengah pesta demokrasi dalam kontestasi pemilihan daerah sedang berlangsung, marak pemasangan baliho tersebut,” ujar Andre.

Senior Manager Distribusi, Diksi Erfani mengungkapkan bahwa PLN UIW Suluttenggo siap menjaga pasokan listrik dalam menyambut pemilihan kepala daerah, lewat pemeliharaan rutin baik di gardu distribusi, pemerataan beban trafo, serta pengamanan jaringan, dengan pemangkasan pohon setiap hari yang dekat dengan jaringan ataupun yang akan menyentuh jaringan melalui program line distancing, serta menyiagakan petugas siaga, agar recovery pemulihan bisa dapat segera dilakukan.

“Hal ini sebagai upaya menjaga kehandalan pasokan jaringan listrik,” ungkap Diksi.

Dia menegaskan, kegiatan yang mengganggu jaringan listrik tersebut selain membahayakan juga dapat menyebabkan padam listrik yang pemulihannya membutuhkan waktu lama. Petugas harus menelusuri sepanjang jaringan untuk mencari titik gangguan.

“Apabila ada yang melakukan tindakan membahayakan jaringan listrik maka peringatkan, hentikan, dan laporkan ke contact center PLN 123,” tukas Diksi.(71)