oleh

Dondokambey Ingatkan Netralitas ASN

METRO, Airmadidi- Dalam pertemuan perdana dengan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Utara (Minut) Clay J Dondokambey SSTP MAP menyampaikan sejumlah hal penting. Salah satunya mengenai netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Menurut Dondokambey, hal tersebut menjadi perhatiannya bersama Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). “Sudah jelas ada aturan kewajiban dan larangan bagi ASN. Tentu kewajiban kita bersama, baik Sekda maupun KKPP untuk terus mengedukasi ASN dalam setiap pertemuan. Selain diatur dalam Undang-Undang Kepegawaian, hal ini juga diatur dalam PKPU,” jelas Bupati.

Lanjut Dondokambey, dalam kaitannya dengan pelaksanaan Pilkada, menegaskan netralitasnya dalam menjalankan tugas sebagai Pjs Bupati. “Saya akan bekerja sesuai koridor, sesuai aturan yang diamanatkan,” tegas Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulut ini.

Menurutnya sesuai SK Mendagri, terdapat sejumlah tugas yang akan diemban Pjs Bupati. “Selain untuk memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada di Minut, juga melakukan pengisian jabatan lowong jika dimungkinkan sesuai izin Mendagri. Serta sebagai Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19,” paparnya.

Di hari pertama bertugas, Pjs Bupati mengawalinya dengan konsolisasi awal seluruh Kepala SKPD dan camat di Atrium Kantor Bupati didampingi Ketua DPRD Denny Lolong, SSos dan Sekretaris Daerah Jemmy H Kuhu, MA.

“Marilah kita buka sekat-sekat dan janganlah ragu berkomumikasi dengan pemerintah provinsi Sulut dan pemerintah pusat. Bangun hubungan sinergitas dengan provinsi maupun pusat,” tutur Dondokambey.

Mantan Camat Tombariri ini berharap pejabat di jajaran Pemkab Minut dapat menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan semua stakeholder, termasuk insan pers. “Hal penting juga bagi perangkat daerah adalah membangun hubungan dan komunikasi dengan pers dengan baik. Maksud baik, harus disampaikan dengan baik. Jangan alergi dengan pers,” tandasnya.

Sebelum menggelar pertemuan dengan kepala SKPD, Dondokambey yang didampingi istri tercinta Silvya Tambelu ST mengikuti ibadah bersama di atrium Kantor Bupati. Kemudian siang harinya digelar pertemuan dengan jajaran Forkopimda.(23)