oleh

Kembangkan Olahraga, Dispora Mitra Gelar Rakor Forum Cabor

banner 1050236

METRO, Ratahan- Manajemen pembinaan dianggap penting dalam upaya pembinaan prestasi olahraga. Ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Forum Cabang Olahraga (Rakor Cabor) yang dihelat Dispora Minahasa Tenggara (Mitra), Kamis (05/11).

DR Yan Lengkong yang menjadi pembicara mengatakan, upaya peningkatan prestasi suatu cabor, kerap tidak berjalan maksimal dikarenakan tidak adanya manajemen pembinaan yang terarah dan terukur. “Pelatih misalnya. Bukan cuma asal melatih saja, tapi harus punya program yang terarah, kemudian mengukur sejauh mana kemampuan atlet sebelum masuk ke program latihan selanjutnya,” ujar Lengkong.

Selain itu, Lengkong juga menegaskan soal pentingnya pembinaan mental atlet khususnya usia muda agar terlebih dahulu berorientasi pada prestasi bukan pada provit. “Begitu juga pelatih. Jangan hanya mau melatih kalau ada uang. Kalau pelatih mampu ciptakan atlet potensial, tentu ada imbalannya atas prestasi yang dicapai,” tandas Lengkong.

Kepala Dispora Mitra, Djely Waruis dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengungkapkan soal upaya pihaknya dalam mengembangkan olahraga. “Forum seperti ini merupakan bagian dari upaya pengembangan olahraga di Mitra,” jelas Waruis.

Menurutnya, berkaca dari hasil Porprov 2019 yang dihelat di Kota Bitung, prestasi olahraga Mitra menunjukkan adanya peningkatan. “Porprov 2019, perolehan medali emas Mitra meningkat dari 2 di Porprov tahun 2017, menjadi 9 di tahun 2019. 2021 kita juga akan menghadapi Porprov di Bolmong, diharapkan juga ada peningkatan dari capaian sebelumnya,” tukas Waruis.

Sementara itu, Ketua KONI Mitra, Royke Wondal mengaku jalannya pembinaan olahraga Mitra di tahun 2020 sedikit terkendala seiring dengan adanya pandrmi covid19. “Muda-mudahan 2021 tidak lagi ada kendala, apalagi saat akan menghadapi Porprov di Bolmong,” ungkap Wondal.

Hadir pada kegiatan tersebut, jajaran Dispora, sejumlah pengurus KONI Mitra, Pengurus cabor maupun pelatih.(ian)

Komentar