oleh

Hindari Kematian Ibu dan Bayi

METRO, Boroko- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kini tengah menseriusi masalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Neonatal (AKN). Pasalnya, saat ini Pemkab Bolmut telah menyiapkan berbagai fasilitas kesehaan dan tenaga medis sampai ketingkat Desa.

Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena, menuturkan saat ini Pemkab Bolmut telah membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan AKI dan AKN. “Untuk percepatan penurunan angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas serta angka kematian bayi, perlu adanya partisipasi dan peran serta pemerintah dan masyarakat dalam memberikan solusi pencegahan. “Tim Pokja yang dibentuk merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan dan pencegahan angka kematian ibu dan bayi,” ungkap Wabup.

Wabup juga menghimbau kepada petugas kesehatan agar dalam pendataan setiap ibu hamil, diperiksa kondisi kehamilannya untuk mengetahui ada tidaknya faktor resiko terjadinya pendarahan. Hal ini untuk menentukan perlu tidaknya seorang ibu hamil memperoleh bentuk  penanganan lebih lanjut.

“Sebagaiamana kita ketahui bersama, secara teknis preeklampsia dan pendarahan merupakan penyebab utama kematian ibu melahirkan. Sehingga sejak awal kita harus fokus untuk mengintervensi kedua penyebab tersebut. Sehingga peran bidan, dokter, kader kesehatan dan semua pihak terkait dengan penanganan ibu melahirkan harus sama-sama cepat dalam melakukan tindakan maupun sosialisasi. Kita bantu warga yang kurang mampu, jangan sampai pelayanan tidak maksimal,” tegasnya.(60)

Komentar