oleh

Terlibat Balapan Liar, 28 Warga Diciduk Aparat Polres

METRO, Tomohon- Tim URC Totosik dan Tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Sat-Sabhara Polres Tomohon berhasil mengungkap dan menciduk 28 pemuda pelaku balap liar, pada Selasa (02/02/2021) sekitar pukul 01.30 Wita.

Dalam operasi penangkapan tersebut, kedua tim berhasil mengamankan 27 pemuda dan 1 orang wanita di ruas jalan Pinaras – Woloan, jalan raya Tumatangtang- Pinaras Kompleks RS Anugerah Tomohon.

Kapolres Tomohon, AKBP Bambang A Gatot SIK MH ketika dikonfirmasi media ini membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, aksi para pelaku balap liar ini sudah lama menjadi perhatian pihaknya, karena sudah membuat resah warga masyarakat di Kota Tomohon, khususnya disekitar jalur area tempat mereka melakukan balap liar.

“Dalam operasi senyap tersebut, kami berhasil mengamankan 28 orang anak muda (27 laki-laki dan 1 perempuan) Berasal dari Kelurahan Woloan Kecamatan Tomohon Barat , Desa Tondegesan Kabupaten Minahasa, serta Tondano Kabupaten Minahasa.

Cara kelompok pemuda yang berasal dari beberapa daerah bertemu dan melakukan balap liar dan menonton di lokasi kegiatan, melalui informasi di media sosial Facebook Group Balap Liar Tomohon,” tegas Kapolres.

Katim URC Totosik Polres Tomohon, Aipda Yanny Watung Sdb menambahkan, dalam operasi tersebut pihaknya mengamankan barang bukti 13 unit roda dua dan 26 Unit HP. “Kami berterima kasih atas informasi masyarakat yang membantu kami mengamankan para pelaku balap liar ini,” ujarnya.

Dijelaskan Yanny, kronologi penangkapan para pelaku balap liar ini ketika mendapat informasi dari masyarakat bahwa sedang terjadi aksi balap liar di ruas jalan Tumatangtang- Pinaras Kompleks RS. Anugerah Tomohon. Tim merespon dan saat sampai di lokasi kelompok anak muda yang melakukan aksi balapan liar langsung melarikan diri.

“Kami yang sudah berkolaborasi dengan Personil Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon, melakukan pengembangan dan penutupan jalur yang akan di lewati oleh pelaku balap liar,” jelas Katim.

Lanjutnya, penutupan jalan sekaligus penghadangan yang di lakukan tim Totosik dan UPRC Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon dibagi, dimana Tim UPRC Sat Sabhara melakukan penutupan/penghadangan dari arah jalan raya samping Mapolres Tomohon, sedangkan Team URC Totosik menghalangi di jalan raya woloan-pinaras depan Gereja GMIM Eben Heazer Woloan.

“Aksi penutupan dan penghadangan yang dilakukan Team URC Totosik bersama Personil UPRC Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon berhasil dan mengamankan para pemuda beserta kendaraan roda dua yang mereka gunakan dan selanjutnya diamankan ke Mapolres Tomohon,” jelasnya.(05)

Komentar