Kawatu: Pemeriksaan Kesehatan Atlet Wajib Diikuti Atlet & Pelatih Jelang Pelatda

Olahraga368 views

KETUA Harian KONI Sulut, Kolonel Inf Theo Kawatu SIP memastikan program Pemeriksaan Kesehatan wajib diikuti oleh atlet dan pelatih Sulut yang akan memasuki Pemusatan Latihan Daerah (PELATDA) PON.

Pasalnya, data kesehatan atlet sangat diperlukan oleh Bidang Kesehatan KONI Sulut untuk mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan saat pelaksanaan PELATDA hingga PON XX.

“Selain untuk mendata riwayat kesehatan atlet PON Sulut, pemeriksaan kesehatan bagi atlet dan pelatih yang akan memasuki program Pelatda perlu karena kalau kesehatan terganggu sulit untuk diberikan latihan yang lebih dalam rangka peningkatan prestasi,” kata Kawatu.

Sebelumnya tahapan menjelang pelaksanaan PELATDA sudah dilakukan Tes Kemampuan Fisik dimana hasilnya telah diseminarkan kepada seluruh pelatih cabor lewat kegiatan Workshop Pendekatan IPTEK Olahraga Terhadap Hasil Tes Pengukuran Antropometri dan Tes Fisik Atlet Pelatda PON, Jumat dan Sabtu lalu.

Sementara untuk hasil pemeriksaan kesehatan, menurut Dr dr Theresia Kaunang, akan dianalisis oleh tim dokter dan disampaikan kepada atlet melalui pelatih masing masing cabor. “unggulah, kalau hasil tes kesehatannya sudah ada, akan diberi informasi melalui pelatih,” ujar Theresia Kaunang, yang akrab disapa dokter Keke.(dni)

Komentar