Bitung Bersinar Terang di Era Maurits-Hengky

METRO, Bitung- Maurits Mantiri dan Hengky Honandar baru seminggu bertugas sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bitung. Meski begitu, tanda-tanda Kota Cakalang akan bersinar terang sudah mulai nampak. Daerah ini diprediksi akan makin cantik di kemudian hari.

Ya, penilaian Bitung akan bersinar terang bukan tanpa dasar. Kegiatan yang berlangsung Selasa (06/04) kemarin menjadi acuan. Pemkot Bitung di bawah kepemimpinan Maurits dan Hengky menggulirkan program baru bertajuk Bitung Terang.

Sesuai namanya, program di atas adalah kegiatan pemasangan lampu jalan oleh Pemkot Bitung. Pemasangan dilakukan untuk merespon aspirasi masyarakat yang kerap menyuarakan hal itu, sekaligus untuk mempercantik wajah Kota Multidimensi ini.

Nah, jika menilik dari jumlah lampu yang akan dipasang, tidak salah kalau disebut Bitung akan bersinar terang. Bagaimana tidak, sebanyak 2.000 lampu sudah disiapkan untuk mendukung program itu. Lampu-lampu dimaksud akan dipasang di seluruh wilayah Bitung sesuai dengan kebutuhan.

Program Bitung Terang ini sudah bergulir sejak kemarin. Meski belum secara resmi karena baru bersifat pra launching, namun yang pasti upaya pemerintah menjawab keinginan warga sudah mulai nampak. Pada kegiatan tersebut sebanyak 10 lampu jalan sudah dipasang di Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari.

“Ini baru pra launching tapi menunjukan kesiapan kita dalam menjalankan program ini. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir, kami pasti akan berupaya menjawab semua harapannya,” ujar Maurits.

Maurits pun menjelaskan alasan dipilihnya Manembo-nembo sebagai daerah pertama yang disasar Program Bitung Terang. Menurut dia, penentuan tersebut didasari kajian yang dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Pemkot Bitung.

“Manembo-nembo dipilih karena dianggap layak. Salah satu alasannya karena di sini sering terjadi kecelakaan di malam hari. Dan penyebab kejadian itu adalah minimnya penerang jalan di waktu malam,” ungkapnya.

Maurits pun menyampaikan harapannya untuk program ini. Ia berharap masyarakat ambil bagian menyukseskan dengan menjaga dan merawat lampu yang dipasang. Ia mengingatkan bahwa lampu itu dipasang karena permintaan warga, jadi mereka harus berperan aktif untuk menjaga fasilitas itu.

Terpisah, Hendri Sakul selaku Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman memberikan penjelasan. Ia mengakui bahwa Program Bitung terang jadi salah satu prioritas di tahun 2021 ini. Sudah begitu kata dia, pelaksanaan program itu juga sesuai arahan dari Walikota dan Wakil Walikota yang baru.

“Jadi bisa dikatakan ini salah satu program andalan,” ucapnya.

Hendri membenarkan jumlah lampu yang akan dipasang sebanyak 2.000 unit. Akan tetapi kata dia, pemasangannya tidak dilakukan sekaligus namun secara bertahap. Dan untuk tahap pertama ini, total yang akan dipasang sebanyak 1.000 unit.

“Jadi tahun ini 1.000 dan sisanya tahun depan,” sebutnya.

Salah satu warga yang dimintai tanggapan soal ini, Yohanes Mudeng, menyatakan dukungan penuhnya. Dia mengakui keberadaan lampu jalan itu sangat bermanfaat bagi mereka. Selain menambah estetika kota, pemasangan lampu dimaksud juga membuat warga lebih nyaman.

“Yang paling pasti bisa mencegah terjadinya aksi kriminalitas. Dan itu memang harapan kami sebagai warga,” katanya.(69)

Komentar