Aldo Cs Lobi Anggaran ke Pemerintah Pusat

Bitung207 views

METRO, Bitung- DPRD Bitung menunjukan perannya dalam mendukung pembangunan daerah. Baru-baru ini upaya melobi kucuran anggaran dari pemerintah pusat dilakoni lembaga tersebut. Anggaran yang diharapkan turun adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) sektor perhubungan.

“Iya, minggu lalu saya dan beberapa rekan anggota DPRD Bitung berangkat ke Jakarta. Kami ke sana untuk mengajukan proposal ke Kementerian Perhubungan,” ujar Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo, Senin (12/04) kemarin.

Kucuran anggaran yang dikejar adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) di sektor perhubungan. Beberapa kegiatan yang dicantumkan dalam proposal terdiri dari pengembangan atau rehabilitasi dermaga penyeberangan ke Pulau Lembeh, pembangunan terminal angkutan darat tipe C, pengadaan serta pemasangan perlengkapan jalan, baik berupa marka maupun penerangan jalan umum, serta pengadaan alat uji berkala untuk kendaraan bermotor.

Upaya melobi anggaran dimaksud dilakukan dengan berbagai cara. Karena itu, pada kunjungan pekan lalu rombongan tak langsung menuju ke Kantor Kementerian Perhubungan. Aldo dan rekan-rekan meminta bantuan anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Herson Mayulu, yang notabene salah satu mitra kerja Kementerian Perhubungan.

“Kami minta bantuan Pak Herson karena beliau mitra kerja Kementerian Perhubungan. Apalagi beliau salah salah satu utusan Sulut di DPR RI. Dan beliau juga menyambut baik upaya kami. Begitu disampaikan apa yang menjadi tujuan dan harapan kami, Pak Herson langsung menyurat ke Menteri Perhubungan. Surat dari beliau jadi semacam pengantar untuk proposal yang kami ajukan,” tutur Aldo.

Aldo lalu menerangkan ihwal upaya tersebut. Selain didasari aspirasi masyarakat dan kebutuhan di sektor perhubungan, langkah itu diambil sebagai bentuk sinergitas pihaknya dengan Pemkot Bitung. Kebetulan, kepemimpinan di Pemkot Bitung adalah kepemimpinan baru, jadi upaya dimaksud jadi langkah awal memupuk kemitraan yang baik.

“Ini bentuk dukungan kami terhadap program Pemkot Bitung di tangan Walikota dan Wakil Walikota yang baru. Dan bukan cuma itu, ini juga bentuk dukungan kami bagi program pemerintah pusat dalam melaksanakan pembangunan di daerah,” terangnya.

Terpisah, Ricy Tinangon selaku Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Bitung menyampaikan terima kasih. Ucapan itu ia tujukan ke DPRD Bitung atas upaya yang dilakukan. Ia mengakui lobi yang dilakoni DPRD Bitung sangat membantu tugas instansinya.

“Kali ini optimis upaya itu akan berbuah hasil. Sebelumnya sudah beberapa kali dicoba tak belum pernah disetujui. Makanya saya harus berterima kasih kepada Pak Ketua (Aldo,red) dan rekan-rekan anggota Dewan. Semoga kedepan kerjasama seperti ini akan terus terjaga dengan baik,” ucapnya.

Selain Aldo dan Ricy, turut serta dalam kunjungan ke Jakarta sejumlah personil Komisi III DPRD Bitung, yakni Vivy Ganap, Meidy Tuwo dan Lady Lumantow, serta Dirut PDAM Duasudara Raymond Luntungan.(69)

Komentar