Boltim Kena Dampak Gempa Bumi 5,7 Magnitudo di Bolaang Uki

Boltim319 views

METRO, Boltim- Tepatnya, Jumat (11/06) akhir pekan lalu, gempa bumi dengan kekuatan 5,7 Magnitudo berpusat di Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 10.23 Wita. Kekuatan gempa bumi ini berdampak sampai diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan Kota Kotamobagu. Tidak heran, banyak warga dan pegawai kantor berhamburan keluar rumah dan gedung untuk mencari tempat aman.

Hal ini diakui Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boltim, Biktor Arundaa, S.Pd, M.MPd ketika dikonfirmasi wartawan dikantornya. Dia mengatakan, pusat gempa berada dititik 0.06 LS, 124.40 BT, Bolaang Uki pada kedalaman 14 KM. “ Gempa ini memang dirasakan sampai di Boltim. Karena Kabupaten Boltim cukup dekat dengan pusat gempa yang terjadi di Bolaang Uki. Kami suidah menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap gempa susulan,” ungkapnya.

Namun menurutnya, gempa dengan kekuatan 5,7 Magnitudo tersebut tidak berpotensi tsunami. “ Tapi kami tetap mengingatkan warga, amat terlebih yang tinggal diwilayah pesisir pantai, supaya lebih berhati-hati. Jika terjadi gempa susulan, dinding bangunan retak sebaiknya keluar rumah dan mencari tempat aman,” harap Biktor.(40)

Komentar