oleh

PPKM Darurat, Bulog SulutGo Salurkan Bantuan Beras 10 Kg

METRO, Manado- Perum Bulog Divisi Regional Sulut & Gorontalo (SulutGo) meluncurkan bantuan beras PPKM 2021 untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai, pada Minggu (18/7), di Gudang Bulog SulutGo, Kelurahan Paceda, Kota Bitung.

“Masing-masing KPM akan menerima beras sebanyak 10 kilogram selama masa PPKM. Bantuan beras ini menggunakan cadangan beras pemerintah (CBP, red),” kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sulut & Gorontalo (SulutGo), Eko Hari Kuncahyo, saat ditemui awak media.

Dijelaskan Eko, khusus Sulawesi Utara, bantuan beras akan disalurkan di 15 kabupaten/kota bagi 181,773 KPM yang terdiri dari separuh penerima manfaat PKH dan BST. “Data penerima manfaat dari Kementerian Sosial yang terdiri dari data PKH dan BST,” ujarnya.

Eko juga mengungkapkan bahwa saat ini stok beras di gudang Bulog SulutGo mencapai 7 ribu ton yang merupakan cadangan beras pemerintah. “Penggunaan CBP ini adalah untuk penanggulangan darurat dan operasi pasar. Kami menjaga stok CBP ini agar selalu tersedia saat diperlukan,” katanya.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKB) Perwakilan Sulut, Setya Nugraha menjelaskan, sebagai auditor internal, pihaknya mengawal dan mendampingi penyaluran bantuan beras ini dari hulu hingga hilir, terutama dari penentuan penerima manfaat, kualitas beras yang disalurkan, biaya pengarungan hingga biaya angkut.

“Hal-hal ini yang menjadi perhatian kami agar semuanya akuntabel dan transparan. Kami memonitor agar proses penyaluran ini sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Setya.

Kepala Dinas Sosial Kota Bitung, Give Moses mengatakan, sasaran penyaluran bantuan beras untuk membantu masyarakat khususnya KPM, PKH dan BST.

“Data penerimanya sudah kami siapkan, tinggal menyesuaikan dengan kuota yang akan diberikan. Mekanisme penyalurannya akan diatur agar memenuhi standar protokol kesehatan,” kata Moses.(71)

Komentar