oleh

Pemkab Sitaro Segera Salurkan Bantuan Beras PPKM dari Kemensos RI

METRO, Sitaro- Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyiapkan bantuan bagi masyarakat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Setidaknya terdapat beberapa bentuk bansos yang kini disalurkan Kemensos, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu serta bantuan beras 10 kg.

Khusus untuk bantuan 10 kg beras, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai menyiapkan proses penyalurannya bersama pihak Bulog. Wakil Bupati Kepulauan Sitaro John Palandung mengatakan, dari hasil koordinasi bersama pihak Bulog Siau diperoleh kepastian terkait pendistribusian bantuan beras bagi masyarakat. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat di Kabupaten Sitaro. “Tadi dalam rapat kami sudah membicarakan soal pendistribusian bantuan beras bagi masyarakat.

Jadi pihak Bulog sudah menyatakan kesediaan proses penyaluran paling lambat tanggal 27 Juli ini,” kata Palandung usai memimpin rapat koordinasi bersama pihak Bulog Tahuna di Siau, Kamis (22/7). Berdasarkan hasil koordinasi, Palandung menjelaskan skema penyaluran bantuan beras, yakni dilakukan secara langsung oleh pihak Bulog ke kampung-kampung melalui pemerintah kampung yang ada.

“Nantinya pemerintah daerah lewat Dinas Sosial akan melakukan pengawasan terhadap penyaluran ini. Kami juga tadi sudah mengingatkan kepada pihak Bulog agar memperhatikan kualitas beras bantuan ini,” lanjutnya.

Untuk menjamin kepastian waktu penyaluran, Palandung bilang, pemerintah daerah telah menyampaikan kepada pihak Bulog agar terus mengkomunikasikan hal itu dengan pihak transportir selaku penyalur bantuan. “Kalau sampai waktunya belum terealisasi, maka kami akan menyurat ke provinsi bahkan sampai ke Kemensos.

Sebab ini merupakan instruksi pak presiden yang harus segera ditindaklanjuti,” tegasnya. Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sitaro, Evita Janis mengungkapkan, program bantuan beras merupakan kerjasama Kemensos dan Perum Bulog.

“Sejauh ini kami belum menerima surat apapun, baik dari pusat maupun provinsi. Tapi yang jelas, setiap KPM akan menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram,” ungkap Janis.(86)

Komentar