Menkes Budi Gunadi Sebut Teknologi Ubah Dunia Kesehatan Secara Drastis

Kesehatan171 views

METRO- Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya peran teknologi dalam pemulihan global akibat COVID-19 yang disebabkan virus Corona.

Sebagai pencinta teknologi dia berpikir bahwa big data, internet, dan kecerdasan buatan dapat mengubah dunia kesehatan secara drastis. Seperti di bidang layanan kesehatan dan diagnosis penyakit.

“Misalnya dokter yang mendiagnosis kanker dari keadaan seorang pasien akan berbeda dengan dokter yang mengetahui data jutaan orang yang mengalami kanker serupa dan apa diagnosis yang sukses untuk mereka,” kata Menkes Budi dalam diskusi virtual United Nations General Assembly (UNGA) pada Selasa (21/9/2021).

Dengan kata lain, lanjut Budi, teknologi di dunia kesehatan tidak hanya mengubah cara penyampaian yang biasanya dilakukan langsung atau tatap muka menjadi jarak jauh (telemedicine), tapi juga cara diagnosis yang dilakukan dokter terhadap pasien.

Dalam acara tersebut, Budi juga mengungkap bahwa selama pandemi COVID-19 menyerang, dia telah memiliki lebih dari 20 grup WhatsApp baru dengan berbagai topik berbeda.

“Selama pandemi ini saya punya lebih dari 20 grup WhatsApp baru, grup satu untuk tim saya di rumah sakit, grup lainnya untuk surveilans, oksigen, tes dan telusur, obat-obatan,” katanya.

Dia juga memiliki grup bersama para profesor untuk diskusi COVID-19 secara ilmiah, misalnya dari sisi epidemiologi.

“Ada juga grup dengan ahli whole genome sequencing, grup dengan media, jadi ini lucu, tanpa disadari teknologi (WhatsApp) menjadi bagian dari hidup kita. Bahkan kita bisa berkomunikasi lebih cepat dan lebih baik ketimbang harus menggelar konferensi pers,” ujarnya.(sumber: liputan6.com)

Komentar