oleh

Adakan Program Bina Desa untuk warga Pulau Lembeh

METRO, Bitung- Politeknik Negeri Manado mengadakan Program Bina Desa di sejumlah kelurahan di Pulau Lembeh. Kegiatan itu dimulai Senin (25/10) kemarin dan dibuka Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar.

Program Bina Desa dilaksanakan dalam rangka implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat. Program seperti ini dulunya dikenal dengan istilah kuliah kerja nyata atau KKN.

Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara. Pemkot Bitung melalui Wakil Walikota Hengky Honandar memberikan apresiasi tinggi atas kegiatan itu.

“Kami sangat berterima kasih kepada pimpinan Politeknik Negeri Manado karena telah dipercaya jadi lokasi pelaksanaan Program Bina Desa. Ini terus terang sangat membantu kami dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah,” katanya.

Hengky pun optimis output dari kegiatan dimaksud akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Seperti halnya kegiatan KKN pada waktu lalu, ia yakin mahasiswa Politeknik Negeri Manado akan memberikan sumbangsih mereka lewat kegiatan tersebut.

“Karena itu saya minta masyarakat di Kelurahan Mawali dan Kelapa Dua menyambut baik kehadiran adik-adik mahasiswa ini. Dukung mereka karena kehadiran mereka untuk membantu kita. Dan saya minta Camat dan Lurah harus memastikan hal ini,” tutur Hengky yang saat itu didampingi Kabag Kerjasama Antar Lembaga Setda Bitung, Rio Karamoy, serta Direktur Utama Perumda Bangun Bitung Rizal Lumombo.

Mareike Alelo sebagai Direktur Utama Politeknik Negeri Manado membeber kegiatan inti Program Bina Desa. Lewat program itu kata dia, mahasiswa yang jadi peserta akan mengimplementasikan hasil penelitian mereka di masyarakat.

“Dan implementasinya dilakukan dengan cara pengabdian kepada masyarakat. Nantinya ada dua kegiatan utama yang dilaksanakan, yaitu kegiatan lantainisasi rumah warga dan penyediaan sarana air bersih,” ucapnya seraya menyebut kegiatan itu akan berlangsung hingga 30 Oktober mendatang.(69)

Komentar