Menteri PPPA Resmikan WINStore dan WINKitchen di Rumah Alam Manado

Advetorial192 views

METRO, Manado- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga meresmikan WINStore dan WINKitchen di objek wisata Rumah Alam Manado, pada Senin (27/6).

Kehadiran WINStore dan WINKitchen merupakan wujud kolaborasi antara PT PLN dan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) dalam pengembangan UMKM di Sulawesi Utara.

Menteri PPPA mengapresiasi program inisiatif Womenpreneurs Indonesia Networks yang bekerjasama dengan PLN dalam memprakarsai konsep WINStore dan WINKitchen yang pertama di Indonesia.

“Terkait pemanfaatan FABA sebagai bahan baku konstruksi gedung WINStore, merupakan salah satu inovasi yang baik dan harus terus dikembangkan,” kata Bintang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki dalam sambutannya mengatakan, PLN mengambil bagian dalam kampanye penggunaan kompor induksi yang lebih aman dan nyaman. “Selain itu PLN juga mempunyai aplikasi PLN Mobile yang memiliki fitur marketplace didalamnya sehingga mendukung pengembangan usaha mikro kecil,” ujarnya.

Menurut Basuki, setelah melihat konsep pengembangan UMKM di objek wisata Rumah Alam Manado, ternyata sejalan dengan program PLN. “Ini yang awalnya sebagai program operasional kami buat terlembagakan dengan menghadirkan WINStore dan WINKitchen,” katanya.

Sementara itu, Chairwoman WIN, Diah Yusuf mengungkapkan bahwa dukungan diperlukan dalam pengembangan UMKM apalagi dari UMKM yang dikelola kaum perempuan dan hal ini diberikan oleh PLN dalam bentuk dukungan infrastruktur yang nyata.

“Karena infrastruktur fisik harus digabungkan dengan pembangunan sumber daya manusianya agar bisa memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang bagi pemberdayaan perempuan pengusaha di Indonesia,” ucap Diah.

WINStore merupakan pusat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah yang memberdayakan peran perempuan dalam menciptakan produk-produk lokal yang dapat dijual kepada masyarakat. Menariknya dalam pembuatan fisik gedung WINStore, PLN memanfaatkan FABA PLTU Amurang sebanyak 364 Ton sebagai bahan baku konstruksinya.

Selain WINStore, diresmikan juga WINKitchen yang bertajuk Green Smart Cooking dimana PLN mendukung dari segi penyediaan kompor induksi yang ramah lingkungan dan lebih efisien. WINKitchen kedepannya akan digunakan oleh kelompok perempuan yang akan memasak makanan pendamping beras untuk pencegahan stunting di Sulawesi Utara.(71)

Komentar