Sistem Kelistrikan SulutGo Pulih 100 Persen, PLN Normalkan 26 Gardu Induk

Ekonomi198 views

METRO, Manado- Pasokan listrik ke pelanggan di Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) kembali normal, usai gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan SulutGo, pada Selasa (12/10).

Dengan tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi masyarakat umum maupun petugas yang bekerja, PLN berhasil melakukan penormalan 26 gardu induk (GI) dan merecover daya 183 MW secara bertahap.

Seperti diketahui sebelumnya, gangguan di sistem kelistrikan SulutGo terjadi mulai pukul 12.15 WITA. Secara bertahap PLN lakukan penormalan mulai dari GI Buroko pada pukul 12.41 WITA dan terakhir kemudian penormalan GI Teling pada pukul 23.50 WITA.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, Johanes Avilla Ari Dartomo menjelaskan bahwa hingga saat ini penyebab gangguan masih diidentifikasi.

“Kami fokus pada penormalan kepada seluruh pelanggan terdampak gangguan. Upaya penormalan kami lakukan secara optimal hinggal 100 persen,” ujar Dartomo.

Ia mengapresiasi seluruh masyarakat yang membantu kelancaran petugas dalam bekerja di lapangan, mulai dari pengaturan lalu lintas hingga informasi laporan yang turut membantu mempercepat pemulihan gangguan.

“Koordinasi secara intens dilakukan bersama PLN Unit Induk Pembangkit dan Penyaluran Sulawesi untuk mempercepat pulihnya sistem kelistrikan di seluruh gardu induk terdampak,” katanya.

Hal ini, kata Dartomo mempermudah petugas pada sistem 20 Kv untuk memulihkan seluruh penyulang kelistrikan. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terus mendukung upaya PLN dalam menormalkan kondisi kelistrikan di SulutGo. PLN akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat pelanggan,” katanya.

Dartomo mengimbau kepada seluruh masyarakat pelanggan yang hingga saat ini kondisi kelistrikannya belum normal agar dapat melaporkan pengaduannya melalui aplikasi PLN Mobile. “Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore dan Appstore yang dapat memudahkan informasi kelistrikan,” pungkasnya.(71)

Komentar