Musrembangdes Desa Kilometer Tiga Usulkan Penguatan Dinding Sungai Woran

METRO, Amurang- Kali ini desa yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan mengadakan Musrenbangdes yaitu, Desa Kilometer Tiga, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Pejabat Hukum Tua (kumtua) atau Kepala desa setempat menyampaikan, bahwa untuk mencapai tujuan di atas maka didalamnya perlu menetapkan daftar usulan 2024 pada hari ini Senin 09 Januari 2023 Bertempat di balai Desa setempat.

“Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) desa pihak yang berkepentingan untuk mengatasi permasalahan desa dan pihak yang akan terkena dampak hasil musyawarah, untuk menyepakati rencana kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran berikutnya 2024,” ujar Melky Mononimbar.

Menurut Mononimbar Musrenbangdes sebagai salah satu bentuk Musyawarah Desa (Musdes ) merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan dibidang pembangunan desa dalam kerangka pelaksanaan pemerintahan desa.

“Musrenbang Desa dilaksanakan dengan memperhatikan rencana pembangunan yang ada didesa, kinerja implementasi rencana kegiatan tahun berjalan, serta masukan dari narasumber dan peserta yang menggambarkan permasalahan nyata yang sedang dihadapi disetiap desa,” pungkasnya.

Sejumlah rencana untuk pembangunan tahun 2024 dari hasil Musrenbang tersebut sudah di laporkan ke tingkat Kecamatan dan selanjutnya menjadi pertimbangan serta persetujuan oleh dinas PMD setempat.

Rencana 2024 diantaranya, Talud penguatan tebing Sungai Woran dalam, Pengaspalan rabat beton, cor pila-pila jalan, pemeliharaan lampu jalan, pengadaan dan penataan lapangan olah raga, pengadaan peralatan pertanian, rehab jalan setapak, peralatan kantor dan posyandu, pelatihan bagi perangkat desa, Peralatan peningkatan Produksi pembuatan Minyak kelapa, serta Ketahanan pangan sebesar 20 persen untuk ‘ternak babi dan masih ada sejumlah usulan lainnya.

“Pada dasarnya kami Aparatur Pemerintah desa memberikan pelayanan bagi masyarakat dari segala bidang untuk kesejahteraan warga masyarakat desa Kilometer tiga,” pungkas Mononimbar kepada media ini diruang kerjanya yang didampinggi ketua BPD setempat Inneke Aluy dan salah satu kaur Sinyo Pantow Winokan serta sejumlah perangkat desa lainnya.

Kumtua menambahkan untuk sejumlah pembangunan ditahun 2023 berjalan ini diantaranya,
Rehab Jalan setapa jaga 4 (empat), Talud kubur, Saluran air baru dan rehab di semua jaga dan Rabat beton serta pembangunan lainnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kades beserta perangkat desa, ketua dan anggota BPD Kilometer tiga, tokoh agama, tokoh masyarakat, KPMD, kader posyandu, PKK, dan Pihak kecamatan.(vtr/kg)

Komentar