Letkol HTL: Perlu Disiapkan Generasi Emas yang Terampil di Tahun 2045

Sulut201 views

METRO, Manado- Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado tengah meniti jalan menuju Manado Emas dengan peningkatan sumber daya manusia melalui Babinsa Penilai Paskibraka Kota Manado.

Serka Adi Babinsa Kodim 1309/Manado yang mendapatkan perintah dan amanah dari Komandan Kodim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) untuk melaksanakan tugas membantu pemerintah Kota Manado menjadi Tim Penilai Calon Paskibraka Kota Manado Tahun 2023.

Kegiatan Calon Paskibraka Kota Manado tahapan demi tahapan sudah berjalan sekarang memasuki tahapan terakhir Seleksi Kepribadian yang meliputi Tes Wawancara, tes minat bakat dan rekam jejak digital bagi Calon Paskibraka Kota Manado dengan sisa jumlah 106 orang yang nantinya akan diambil menjadi 62 orang bertempat di Aula Serbaguna Pemkot Manado, Selasa (9/5/2023).

Serka Adi mengungkapkan, proses seleksi anggota Paskibraka dengan sistem terbaru, pada tahun 2023 tersebut menjadikan keleluasaan bagi sekolah-sekolah dalam mengirimkan para siswa-siswinya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka.

“Paskibraka ini menjadi daya tarik, apalagi bisa diterima jadi anggota Paskibraka ini juga suatu kebanggaan untuk pribadi masing-masing siswa, kebanggan sekolah, dan tentunya kebanggaan untuk orang tua,” ungkap Serka Adi.

Dalam seleksi Kepribadian Calon Paskibraka di tuntut unggul serta ilmu pengetahuan yang luas karena nantinya untuk mengikuti pelaksanaan seleksi yang tidak hanya digunakan untuk tingkat Kota Manado, seleksi tersebut juga akan digunakan untuk tingkat provinsi bahkan Nasional.

“Keseriusan dan kedisiplinan untuk mengikuti tahapan-tahapan ini harus dipersiapkan dengan baik. Harapannya, bisa menguasai mayoritas Paskibraka tingkat Kota, Provinsi bahkan Nasional, harap Serka Adi.

Wawasan kebangsaan, serta rasa nasionalisme menjadi bekal yang sangat penting bagi calon anggota Paskibraka. Untuk itu, Serka Adi mengajak tidak hanya anggota seleksi Paskibraka saja yang harus memiliki wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme, tetapi juga seluruh anak-anak sekolah, khususnya di Kota Manado.

“Karena itu, menjadi kekuatan bangsa dan negara kita, kalau rasa nasionalismenya sudah tidak ada, Negara ini akan kehilangan jati diri. Mereka harus peduli terhadap bangsa dan negara ini, mulai dari lingkungannya masing-masing.” tegasnya.

KaKesbangpol sebagai penanggung jawab menjelaskan, proses seleksi yang akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka akan dimulai dari tahap seleksi parade, meliputi tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kesamaptaan, tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian, dengan melibatkan berbagai unsur terkait dilaksanakan secara transparan.

“Yang paling penting, seleksi ini dilaksanakan dengan asas transparansi, semua orang berhak untuk mendaftar dan dilaksanakan dengan sistem yang sangat terbuka,”jelas KaKesbangpol.

Di tempat terpisah, Letkol Himawan Teddy mengatakan kita akan menuju Indonesia Emas 2045, atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar.

“Kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang nantinya terampil saat berada di tahun 2045 nanti, “jelas HTL sapaan Dandim Manado.

Lanjut HTL, Karena itu maka peningkatan sumber daya manusia, mencakup pengetahuan dan ketrampilan harus disiapkan dari saat ini. Termasuk mulai dari kalangan siswa SD dan SMP bahkan SMA yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu, sejalan dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas itu, HTL mengatakan, jajaran Kodim 1309 Manado juga meniti jalan menuju Manado Emas dengan menyiapkan anak usia sekolah SD, SMP sampai SMA.

“Konsep saya bagaimana menciptakan sumber daya manusia, membangun SDM Manado mulai dari SD dan SMP bahkan SMA,” pungkas Dandim 1309/Manado.

Kegiatan Seleksi Calon Paskibraka Kota Manado tahun 2023 yang dibuka oleh Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang dibuka pada tanggal 13 April 2023, dihadiri oleh jajaran TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala sekolah, serta ormas dan undangan lainnya.(50)

Komentar