Mantiri Jadi Narasumber Pendidikan Daerah

Bitung49 views

METRO, Manado- Bertempat di Hotel The Sentra, Wali Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM menjadi narasumber Rembuk Pendidikan Daerah yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (13/06/2023).

Berikut Transformasi pendidikan yang ada di kota Bitung antara lain melalui

1. Bidang peningkatan kualitas SDM yaitu program Pembentukan komunitas belajar PAUD, SD, dan SMP, pendampingan komunitas belajar PAUD, SD, SMP, menjalin kerja sama dengan Universitas untuk pemenuhan guru di Kota Bitung, pendistribusian mahasiswa PPL/KKN dan kampus mengajar, kerja sama dengan Instansi penyelenggara PPG pra jabatan secara mandiri, rekrutmen calon guru penggerak secara mandiri melalui APBD.

2.Bidang perencanaan pendidikan dan penggangaran berbasis data meliputi, program Pelatihan literasi dengan memanfaatkan GTK dan Mahasiswa Kampus mnegajar, Penguatan/Pelatihan Numerasi, Penguatan/Pelatihan Literasi.

3.Transformasi satuan pendidikan dan pembelajaran, dalam hal ini melakukan Focus Group Discussion (FGD) guna menggali informasi praktik, penguatan pengajaran bahasa inggris di satuan pendidikan jenjang sekolah dasar, Distribusi pendidik di Kota Bitung secara merata sesuai dengan jumlah peserta didik.

4. Transformasi Digital antara lain, Aktivasi akun belajar.id, Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kota Bitung, Peningkatan kemampuan tekonologi digital Pengadaan Chromebook dan Pelatihan Penggunaannya, Pelatihan Pemanfaatan Google Workspace for Education (Google Meet, Google Doc (resume, makalah, RPP), Google Slide, Google Sheet (buku nilai) serta program sepakat cerdas Penyelenggaraan Komunitas Belajar Masyarakat Berbasis Elektronik dan Pengadaan Pusat Informasi dan Satu Data Pendidikan Kota Bitung melalui School Center.

Ada Berbagai program yang telah dicapai antara lain yang pertama, Program Peningkatan/Pelatihan Numerasi dimana sebanyak 300 guru telah lulus dalam pelatihan Matematika dengan Metode Gasing dan 30 guru menjadi Asisten Trainer diberbagai daerah di Indonesia, dan telah disiapkan program tindak lanjut (GASING 3) , semua guru akan mengikuti pelatihan GASING tahun 2023 dan Sebanyak 900 siswa telah mengikuti pelatihan Matematika dengan Metode Gasing dan telah disiapkan program tindak lanjut (GASING 3).

“Diharapkan semua siswa SD-SMP sejumlah 22.000 akan mengikuti pelatihan GASING tahun 2023,untuk mencapai Bitung Pandai Berhitung,” ungkap Mantiri

Ia juga menjelaskan Kedua, Program Sepakat Cerdas kerjasama dengan Google Indonesia, Bulan Maret 2023, 113 Pendidik Jenjang SD dan SMP telah lulus dan mendapatkan Sertifikat Google Sertification Educator.

“Dan mulai 12-16 Juni 2023, sebanyak 1500 guru SD & SMP mengikuti Pelatijhan Google Workspace for Education. Jumlah ini akan semakin bertambah dengan mengimbaskan ke rekan guru lainnya Ketiga, Implementasi Kurikulum Merdeka 100% Satuan Pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 telah memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM),”Ungkapnya

Ada juga Pembentukan Komunitas Belajar PAUD,SD dan SMP. 123 Komunitas Belajar telah terbentuk dan akan terus bertambah seiring dengan penyelesaian Topik dan aksi nyata di dalam Platform Merdeka Mengajar.

“Kami juga Menjalin kerja sama dengan universitas Negeri & Swasta untuk pemenuhan guru di kota Bitung, Assesmen kompetensi kepala sekolah serta Kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi tentang Pemberian Beasisiwa bagi anak Bitung yang berprestasi dan Kurang Mampu dan Kerjasama dengan Komandan KODIM 1310 Bitung untuk Pelatihan Akademik, Fisik, Psikotes dan Pembimbingan bagi anak Kota Bitung yang akan melanjutkan ke Pendidikan Kedinasan,” tutup Mantiri.(rdy/kg)

Komentar