PLN Renovasi Rumah Warga Bantul yang Terdampak Gempa dan Bagikan Sembako

Ekonomi49 views

METRO- Selain melakukan pemulihan jaringan listrik yang sempat terganggu akibat gempa kuat yang terjadi di Bantul, Yogyakarta pada Jumat (30/6), PLN juga memberikan bantuan renovasi untuk delapan rumah, dan menyalurkan 250 paket Sembako.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) memberikan bantuan berupa renovasi untuk delapan rumah dan 250 paket Sembako bagi warga terdampak.

Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 ini mengakibatkan 263 bangunan mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut terdapat 3 rumah yang dikategorikan mengalami kerusakan sedang – berat dan 5 rumah mengalami kerusakan sedang.

Salah satu dari penerima bantuan adalah Ponem (80) warga Dusun Bangen, Bangunjiwo, Kabupaten Bantul.

Ponem, atau yang kerap disapa Mbah Ponem tinggal seorang diri di rumahnya yang mengalami kerusakan cukup parah terutama di dapur semi permanen miliknya yang terbuat dari batako. Ia menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan PLN.

“Dapur batakonya ambruk, namun Alhamdulillah rumah bagian depan tidak apa-apa, listriknya juga kemarin tidak mati kok. Maturnuwun PLN sudah hadir membantu, semoga menjadi berkah untuk kita semua.” tutur Ponem.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, prioritas pertama PLN adalah melakukan pengamanan aset kelistrikan agar tidak membahayakan warga. Kemudian dengan cepat petugas akan lakukan penormalan jaringan listrik dan membantu dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako.

“Saat ini, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan untuk menjaga keselamatan warga. Kami juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DIY, TNI-Polri serta stakeholder terkait untuk memberikan bantuan pada warga yang terdampak bencana,” kata Darmawan.(71)

Komentar