SUV Dengan Teknologi Hybrid Pertama, Suzuki New XL7 Diperkenalkan di Manado

Otomotif87 views

METRO, Manado- Setelah diperkenalkan di Jakarta pada medio Juni 2023 lalu, PT Sinar Galesong Prima (SGP) resmi menghadirkan produk terbaru Suzuki New XL7 Hybrid, di Kota Manado, pada Sabtu (8/7) siang.

New XL7 Hybrid hadir sebagai SUV 7 penumpang ramah lingkungan dengan teknologi hybrid pertama di kelasnya.

“Suzuki XL7 Hybrid adalah hasil dari dedikasi kami untuk menyediakan kendaraan yang ramah lingkungan tanpa melupakan kenyamanan dan perfoma,” ujar Operational Director PT SGP, Suzuki Mobile Manado, Yudha Hendarwan, dalam konferensi pers bersama awak media, di Carpediem Resto and Bar, Kawasan Megamas.

Menurut Yudha, di awal tahun 2020 Suzuki mengeluarkan produk unggulan baru yang menjadi kebanggaan yaitu XL7. Saat diluncurkan model ini mendapat banyak sekali respon positif, sehingga dalam kurun waktu 2 tahun model ini direfresh kembali, dengan XL7 Hybrid.

“Kami sangat senang memperkenalkan produk terbaru kami, Suzuki XL7 Hybrid. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan solusi inovatif, dalam industri otomotif, kami sangat antusias menghadirkan kendaaran hybrid ini kepada konsumen setia,” kata Yudha.

Ia menjelaskan, dengan penggunaan teknologi hybrid yang canggih mobil ini memberikan efisiensi bahan bakar yang tinggi mengurangi emisi gas sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

“Terima kasih kepada seluruh mitra bisnis atas dukungan serta kolaborasi luar biasa yang telah diberikan mitra bisnis selama kami berkiprah di dunia otomotif Sulawesi Utara,” ucap Yudha.

Daya tarik yang terdapat pada New XL7 Hybrid meliputi sejumlah pembaruan pada sektor dapur pacu, tampilan eksterior, kelengkapan interior serta fitur keselamatan.

Dimensi model ini tak jauh berbeda dari model sebelumnya dengan panjang sekitar 4.400 mm dengan ground clearens yang cukup proporsional. Dengan ground clearens yang proporsional itu, XL7 bisa dikendarai dengan nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata ataupun bergelombang.

Dari segi dapur pacu XL7 dibekali mesin K15B yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Teknologi hybrid saat ini sedang booming karena kendaraan menjadi semakin hemat energi dan ramah lingkungan. Teknologi ini lebih mengedepankan efisiensi penggunaan bahan bakar.

SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin 1.500cc berkode K15B.

Perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start-stop yang bekerja untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan.

Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun. Baterai lithium yang dimiliki XL7 Hybrid lebih besar dari pendahulunya dengan kapasitas mencapai 10 ampere.

Pembaruan pada sisi eksterior, antara lain new front grill design yang kini mendapatkan sentuhan black color dan new black wheel sehingga lebih gagah. Selain itu penggunaan teknologi kemudahan berkendara diberikan lewat fitur new autolight with guide me light dan new auto retractable mirror.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, New XL7 Hybrid hadir dengan tiga varian berbeda yang dapat menjadi pilihan bagi konsumen yaitu Alpha, Beta, dan Zeta. Pada varian Alpha, hadir dengan pilihan warna baru yaitu New Savanna Ivory – Black dan Snow White Pearl – Black sambil melengkapi pilihan warna yang sudah ada seperti Sunrise Orange – Black dan Cool Black.

Kemudian untuk varian Beta dan Zeta terdapat 4 pilihan warna yaitu Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black. Untuk transmisinya, New XL7 Hybrid memiliki 2 pilihan yaitu automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT).

New XL7 Hybrid ditawarkan kepada masyarakat Sulawesi Utara dengan harga on the road sebagai berikut:

New XL7 Alpha Hybrid-AT Rp 320.200.000, New XL7 Alpha Hybrid-MT Rp 309.500.000, New XL7 Beta Hybrid-AT Rp 310.100.000, New XL7 Beta Hybrid-MT Rp 299.900.000, New XL7 Zeta-AT Rp 283.200.000, New XL7 Zeta-MT Rp 272.500.000.(71)

Komentar