Hari Pertama Tomohon Expo 2023, Produk Binaan UMKM PLN Diserbu Pengunjung

Ekonomi78 views

METRO, Tomohon- Tomohon menggelar Event tahunan bertaraf internasional dengan tajuk Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023. Event ini pun masuk dalam jajaran 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) yang menjadi program unggulan Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebagai bagian dari rangkaian TIFF 2023, digelar juga Tomohon Expo 2023 yang menghadirkan puluhan booth yang berisikan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) mulai dari kuliner, kerajinan tradisional, jasa, hingga retail. Tomohon Expo 2023 digelar mulai tanggal 10 hingga 14 Agustus 2023.

Turut serta dalam Tomohon Expo 2023, booth milik PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) yang menghadirkan beragam kuliner ringan, sambal, kopi, dan juga kerajinan kain cofo. PLN UID Suluttenggo total menghadirkan 10 UMKM binaan unggulan dengan produk yang sudah terbukti sangat diminati masyarakat. Alhasil, booth PLN langsung diserbu oleh pengunjung yang datang memadati Gedung Olahraga (GOR) Babe Palar Tomohon.

Animo pengunjung yang luar biasa setiap tahunnya juga sama pada gelaran Tomohon Expo tahun ini. Masyarakat begitu penasaran dengan sajian dari seluruh booth peserta expo hingga berbagai acara serta penampilan yang sudah dipersiapkan dengan matang. Begitu pula dengan booth PLN UID Suluttenggo yang pada gelaran yang sama tahun lalu begitu dipadati pengunjung yang penasaran dengan berbagai produk UMKM binaan PLN serta berbagai promo menarik yang disediakan PLN.

Kampanye dan dukungan PLN UID Suluttenggo pada sektor UMKM setiap tahun di gelaran Tomohon Expo merupakan langkah konsisten PLN dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Hal ini diharapkan mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Tomohon secara umum. Ini pun sejalan dengan mandat pemerintah bagi BUMN agar mampu memberi dampak pada kapasitas dan kapabilitas UMKM di Indonesia.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo menyampaikan bahwa kehadiran PLN di Tomohon Expo 2023 ini tidak hanya sekedar turut menjadi peserta, namun PLN ingin bisa lebih dekat dengan masyarakat. “Kami ingin bisa bersentuhan lebih dekat dengan masyarakat, terutama dengan memperkenalkan berbagai kreasi produk UMKM yang menjadi binaan kami,” tutur Dartomo.

Ari Dartomo pun menyampaikan bahwa PLN mendukung penuh rangkaian acara TIFF 2023 bersama juga dengan pelaksanaan TIFF 2023 dengan kesiapan kelistrikan yang andal. Upaya ini disertai dengan back up pasokan listrik sehingga skema nyala tanpa kedip dapat menjamin rangkaian acara berjalan dengan baik. “Sebagai penyedia layanan kelistrikan terbaik, kami tentunya menginginkan seluruh masyarakat yang hadir pada TIFF 2023 dan Tomohon Expo 2023 dapat menikmati jalannya acara tanpa khawatir ada gangguan listrik,” imbuhnya.

Yuni sebagai salah satu UMKM binaan PLN yang turut memeriahkan booth PLN UID Suluttenggo dengan produk kopinya mengungkapkan antusiasmenya dapat berpartisipasi pada Tomohon Expo 2023. “Berkat event ini setiap UMKM berkesempatan meningkatkan kualitas produk namun yang terpenting dapat mendukung penjualan produk kami,” ujar Yuni.

PLN UID Suluttenggo pun turut melakukan kampanye penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai solusi tepat kebutuhan layanan listrik cepat pelanggan. Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.(71)

Komentar