TMMD ke 117 Ditutup, Warga Lahendong Bersyukur

Sulut97 views

METRO, Manado- Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, resmi menutup TMMD Ke-117 TA 2023 di Wilayah Kodim 1309/Manado, bertempat di Lapangan Bola Tungkoko, Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara. Kamis (10/08).

TMMD ini meninggalkan kenangan indah dari masyarakat sekitar, termasuk penduduk kampung Lahendong, Kelurahan Bengkol.

Pasca TMMD, kini Kampung Lahendong memiliki jalan sepanjang 800 meter dan lebar 5 meter. Meski belum diaspal, tapi pengerasan jalan yang dikerjakan oleh Satgas TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado ini membawa dunia baru bagi Kampung Lahendong, akses transportasi yang mulai terbuka.

Sebelum tersentuh TMMD, selama puluhan tahun, Kampung Lahendong “bersembunyi” di balik rimbunnya pepohonan di area perkebunan. Itu sebabnya, warga di luar Kelurahan Bengkol dan Pandu bisa saja tidak mengetahui keberadaan kawasan pemukinan ini. Padahal, ada kurang lebih 42 Kepala Keluarga yang tinggal di sana.

Akses jalan yang diandalkan selama ini pun hanyalah lapisan tanah yang menyesuaikan dengan celah dari pepohonan. Saat musim penghujan tiba, jalur ini tentu tidak layak bagi pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Tak heran, banyak anak sekolah yang tidak bisa ke sekolah karena kesulitan melewati jalan yang licin.

Kini, baik pengendara roda dua, roda empat maupun pejalan kaki dapat melewati jalan baru tanpa takut licin karena derasnya hujan yang turun. Anak-anak sekolah tidak perlu takut lagi ke sekolah jika musim penghujan karena jalanan yang akan dilewati jauh lebih aman dari sebelumnya. Transportasi online pun kini bisa masuk ke Kampung Lahendong.

Hadirnya jalan sebagai pintu masuk ke Kampung Lahendong pun membawa perubahan besar, baik bagi area pemukiman, maupun bagi warga yang telah lama merindukan kehadiran akses jalan yang mumpuni.

“Puluhan tahun saya tinggal di sini, baru kali ini ada yang bangun jalan. Sungguh senang, bahagia dan bersyukur. Terima kasih bapak-bapak tentara karena boleh ada untuk kami,” ujar seorang warga sumringah.

Pada pelaksanaan upacara penutupan kali ini, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi mewakili Pangdam XIII/Merdeka Letjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh, dan bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Pasiops Kodim 1309/Manado Mayor Inf Sunaryo dengan peserta upacara beberapa SSK dan SST dari TNI, Polri, Satpol PP Manado, Dishub Manado, Damkar Manado serta siswa SMA dan SMP Kota Manado.

Adapun Pelaksanaan TMMD Ke-117 TA 2023 di Wilayah Kodim 1309/Manado, Korem 131/Santiago, Kodam XIII/Merdeka berlangsung selama 30 hari dan meliputi pembuatan jalan sepanjang 800 meter, pembuatan jamban, pembuatan 2 (dua) unit rumah RTLH, pembuatan pagar Masjid di kampung Lahendong dan pengecetan gedung Gereja Eklesia di Kelurahan Pandu Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Dalam Amanat Pangdam XIII/Merdeka yang dibacakan Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi menyampaikan selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh satgas TMMD ke-117 beserta seluruh warga masyarakat Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.

“Saya yakin keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan penuh pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait. Selanjutnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat, saya serahkan hasil karya TMMD Ke-117 ini untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat.” Ujar Pangdam.

Dalam upacara penutupan tersebut juga dibacakan laporan singkat hasil pelaksanaan oleh Komandan Kodim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) selaku Dansatgas TMMD ke-117 dan dilanjutkan dengan penandatanganan penyerahan hasil TMMD dari Komandan Satgas TMMD Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) kepada Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Henry Marthen Sualang. Selanjutnya dilaksanakan penanggalan tanda Satgas TMMD oleh Irup kepada perwakilan dan dilanjutkan pernyataan resmi penutupan TMMD Ke-117 TA 2023.

Diakhir kegiatan juga berlangsung penyerahan piagam penghargaan dan bingkisan oleh Irup kepada perwakilan masyarakat setempat.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Henry Marthen Sualang, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Asops Danlantamal VIII/Manado Kolonel Laut (P) Dwi YogaPariyadi, M. Tr. Opsla., Kasiter Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Danny Hermawan, Kasilog Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Novian Herdian, S.H., M.H., Waasops Polda Sulut AKBP Yandrie Makaminan, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han), Kadisops Lanudsri Manado Letkol Pas Togap M. Siburian, Dandenpom XIII/1 Manado Letkol Cpm Andi Suhandi, S.H., Danyon Zipur 19/Yudha Karya Nyata Letkol Czi Hanif Tupen, dan Danyon Armed 19/105/Tarik/Bogani Mayor Arm Dony Romansah, S.Sos., M.Han.(50)

Komentar