BPJamsostek Sulut Kampanye Program Sertakan, Ajak Peserta Peduli Pekerja Informal

Ekonomi37 views

METRO, Manado- Program Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan), merupakan program perlindungan yang diberikan kepada pekerja sektor informal, melalui peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Caranya, peserta BPJamsostek mendaftakan dan membayarkan iuran pekerja di lingkungan kerja maupun tempat tinggalnya. Peserta dapat mendaftarkan pekerja terkait pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (Jkm) dan Jaminan Hari Tua (JHT), dengan iuran mulai Rp 36.800.

“Sasarannya ke pekerja di sekitar kita yang bekerja secara informal, yaitu sopir pribadi, asisten rumah tangga, tukang kebun, petugas keamanan, petugas kebersihan dan lainnya,” ujar Kepala Cabang BPJamsostek Sulut, Sunardy Syahid, saat diwawancara wartawan METRO, Jumat (15/9/2023).

Sunardy menjelaskan, untuk memudahkan pendaftaran dan pembayaran iuran, BPJS Ketenagakerjaan menyiapkan kanal melalui aplikasi JMO, salah satu menunya ada pendaftaran BPU.

“Lewat aplikasi saja, diinput NIK-nya kemudian pilih jenis pekerjaan, bisa dua jenis pekerjaan, kemudian pilih berapa program yang mau diikuti, kalau 3 program iurannya minimal Rp 36.800,” jelasnya.

Lanjut dikatakan Sunardy, iuran bisa dibayar per bulan, per tiga bulan atau per enam bulan. Bisa juga sekaligus satu tahun. “Bisa juga dilakukan pembayaran auto debet sehingga peserta tidak perlu khawatir lupa bayar iuran,” ungkapnya.

Menurut Sunardy, program Sertakan sudah diikuti oleh pemerintah kabupaten kota, dan juga beberapa perusahaan Sulawesi Utara.

“Masih banyak pekerja di sekitar kita yang belum punya perlindungan saat mereka bekerja contohnya tukang parkir di depan kantor perusahaan, mereka ini juga punya resiko dalam pekerjaannya,” ucap Sunardy.

“Dengan program ini kami berharap para pekerja yang ada disekitar kita bisa mendapatkan perlindungan dalam bekerja, seperti filosofi dari Dr Sam Ratulangi Sitou Timou Tumou Tou yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain,” imbuhnya.(71)

Komentar