Program Rumah Pintar PLN di Desa Budo Raih Nusantara CSR Awards

Ekonomi57 views

METRO, Manado- Dalam upayanya untuk terus hadir mendukung masyarakat, PLN terus aktif dalam berbagai kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Salah satu program TJSL yang dilaksanakan PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) adalah dukungan bagi Desa Budo, yang akhirnya mengantarkan Desa ini meraih Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022.

PLN dalam menunjang serta mendukung Program Wisata Desa Budo dapat meningkatkan pendidikan melalui rumah pintar yang dapat menumbuhkan minat baca masyarakat sekitar agar potensi wisata dapat berkembang lewat peran pendidikan.

PLN UID Suluttenggo pun diganjar penghargaan bergengsi berupa Penghargaan Nusantara CSR Awards 2023. Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan The La Tofi School of Social Responsibility setiap tahun.

Ajang ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh La Tofi selaku Chairman The La Tofi School of Social Responsibility yang juga Ketua Tim Penilai Nusantara CSR Awards 2023 dan diterima oleh Vice President TJSL PT PLN (Persero), Agus Yuswanta.

Penghargaan yang diberikan masuk dalam kategori Sustainable Development Goals (SDG’s) ‘Kemitraan Mencapai Tujuan’ dengan Program ‘Pendidikan Rumah Pintar Berbasis Digital di Kampung Bahari Nusantara Desa Budo’.

Dalam pelaksanaan program tersebut PLN UID Suluttenggo berkolaborasi bersama Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara serta masyarakat sekitar dengan melakukan pembangunan rumah pintar dan sarana penunjang berupa komputer, smart televisi, akses internet berupa Wifi, buku bacaan dan rak buku senilai Rp 150 Juta.

Secara menyeluruh PLN pun meraih predikat Platinum SDG’s pada ajang penghargaan Nusantara CSR Awards 2023. PLN secara total sukses menyabet 24 penghargaan dengan program TJSL yang diapresiasi sangat masif yakni lebih dari 10 kategori pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

La Tofi mengapresiasi tranformasi bisnis maupun tanggung jawab sosial yang dilakukan PLN selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, komitmen PLN dalam menerapkan Creating Shared Value (CSV) dibuktikan melalui tranformasi program TJSL yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

“PLN ini juga kita sangat apresiasi. PLN contoh perusahaan yang bertranformasi cepat secara bisnis maupun secara tanggung jawab sosialnya. Mereka cepat belajar, dari yang sebelumnya hanya sekadar melaksanakan dana PKBL 10 tahun lalu tetapi PLN sekarang jauh sekali berkembangnya,” ujar La Tofi dalam acara penghargaan yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Ditemui terpisah, General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo, menyatakan komitmen PLN UID Suluttenggo untuk makin peka akan kebutuhan masyarakat yang akan dituangkan pada program-program TJSL yang tepat sasaran dan terukur.

“PLN berupaya untuk makin dekat dengan masyarakat untuk dapat memberikan kontribusi nyata tidak hanya menyalakan listrik namun terlibat langsung dalam mendukung kebutuhan sosial dan lingkungan masayrakat,” tutur Dartomo.

Rumah Pintar di Desa Budo menjadi satu dari sekian program PLN Peduli yang mendukung sektor pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berbagai hal menarik lainnya tentang Program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(71)

Komentar