Resiko Terlambat Ganti Oli Motor

Otomotif32 views

METRO- Penggantian oli adalah salah satu perawatan paling umum pada sepeda motor. Namun sayang seiring diabaikan pemilik kendaraan.

Penggantian oli motor yang rutin tidak hanya membuat umur mesin lebih panjang, tapi juga membuat kinerja mesin lebih optimal. Mengingat peran oli sebagai pelumas utama dan menyebarkan panas ke seluruh bagian mesin motor.

Ganti oli pada motor harus dilakukan dengan teratur untuk menghindari kerusakan pada mesin.

Jangan sampai jarang mengganti oli mesin motor karena ada sejumlah risiko bila jarang mengganti oli mesin, antara lain penurunan kinerja mesin, overheat, ketahanan mesin berkurang, konsumsi BBM menjadi boros,

Jadi untuk menghindari efek negatif akhibat sering telat mengganti oli, lakukanlah penggantian oli secara rutin dan teratur sesuai jadwal yang direkomendasikan pada buku pedoman kepemilikan sepeda motor. Biasanya, jarak tempuh atau waktu tertentu menjadi acuan untuk melakukan penggantian oli.

Perlu diketahui, setiap tipe motor memiliki interval yang berbeda dalam penggantian oli. Gunakanlah AHM Oil yang telah diformulasikan untuk mesin motor Honda. Jangan lupa juga, untuk membawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat guna mendapatkan pemeriksaan dan perawatan rutin dari ahlinya.

“Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan bengkel AHASS jika merasa ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik,” ujar Ridwan Suwandie, Technical Service Dept Head PT DAW.(71)

sumber: astra-honda.com

Komentar