Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Jasa Raharja dan Korlantas Survei Jalur Jakarta-Surabaya

Nasional26 views

JASA Raharja bersama Korlantas Polri melakukan survei jalur Tol Jakarta-Surabaya dalam rangka kesiapan jalur mudik Lebaran 2024. Peninjauan diikuti oleh Kakorlantas Polri, Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja dan sejumlah pejabat, pada Senin-Selasa (26-27/02/2024).

Rombongan yang berangkat dari Gedung Korlantas Polri mengawali pengecekan jalur ke Pos PAM Cikopo dan mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Jawa Barat tentang kesiapan Operasi Ketupat 2024.

Kemudian, melanjutkan pengecekan ke Pos PAM Kalikangkung wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Di hari kedua, rombongan melanjutkan tinjauan menuju Rest Area Km 575 di Ngawi, dan Kantor Jasa Marga Exit Tol Satelit di Surabaya, Jawa Timur, sekaligus mendengarkan paparan kesiapan Operasi Ketupat 2024 dari Dirlantas Polda Jawa Timur.

Dirut Jasa Raharja, Rivan Purwantono, menyampaikan komitmen untuk terus mendukung upaya-upaya pemerintah guna menyukseskan momen tahunan tersebut. Oleh karena itu, sinergi dan berbagai persiapan terus dilakukan sejak jauh hari.

“Kami dari Jasa Raharja tentu concern terkait dengan keselamatan. Pesan kami bagaimana kita sama-sama melayani masyarakat dengan cepat. Karena orientasinya, ketika kecelakaan tidak bisa dihindari, maka kita bersama-sama menurunkan fatalitas. Jadi, laporan polisinya cepat, sehingga korban bisa ditangani dengan cepat di rumah sakit,” ucap Rivan.

Rivan memberikan apresiasi kepada jajaran Korlantas Polri dan seluruh mitra kerja terkait atas inovasi, dedikasi, serta dukungan dalam percepatan pelayanan.

“Rekor 2023, fatalitas kecelakaan lalu lintas menurun karena kecepatan penanganan dan digitalisasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Ini tentu berkat kolaborasi dan kerja keras kita semua, termasuk para jajaran Dirlantas,” ungkapnya.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengatakan survei jalur sengaja dilaksanakan lebih awal untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran, sehingga rekomendasi yang diberkan oleh para pimpinan dapat segera diimplementasikan dengan baik.

“Peningkatan pemudik dari 2024 diprediksi menjadi 200 juta, atau meningkat 6,9 persen dari tahun lalu. Ini fenomena yang harus kita hadapi dan harus menjadi perhatian kita semua di seluruh ruas jalan,“ ujar Aan.

Menurut Aan, pihaknya sudah bisa memetakan tempat-tempat mana saja serta cara bertindak apa saja yang akan dilakukan oleh Polri dan stakeholder saat momen Lebaran nanti.

“Ada sejumlah klaster yang akan jadi perhatian, antara lain pengaturan pada jalan tol, manajemen pengaturan rest area, dan himbauan kepada masyarakat. Kemudian pengaturan jalur arteri, terutama saat pelaksanaan one way di jalan tol,” pungkas Aan.(71)

Komentar